Tingkatkan Sinergitas, Tim SAR Yon D Brimob Baebunta Latihan Gabungan Evakuasi Korban Bencana

Tim SAR Yon D Pelopor Satbrimobda Sulsel bersama Tim SAR gabungan saat latihan evakuasi korban bencana dengan materi penyebrangan sungai dan pertolongan menggunakan tandu di desa Tandung, Kecamatan Sabbang, Kabupaten Luwu Utara, Senin (21/02/2022). (Ft/dok. Brimob Yon D Pelopor)

MASAMBA— Tim Search and Rescue (SAR) Personel Batalyon D Pelopor Satbrimobda Sulawesi Selatan bersama SAR gabungan dari TNI, Basarnas dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Luwu Utara melaksanakan latihan kemampuan di hutan dan sungai di Desa Tandung Kec. Sabbang, Senin (21/02/2022).

Komandan Satuan (Dansat) Brimob Polda Sulsel, Kombes Pol Heru Novianto melalui Komandan Batalyon (Danyon) D Pelopor Baebunta mengatakan, latihan kemampuan SAR gabungan ini dilaksanakan untuk sinergitas antara TNI, Polri, Basarnas dan BPBD.

Bacaan Lainnya

“ Sesuai dengan tema, selain untuk meningkatkan sinergitas dari Tim SAR gabungan, latihan ini juga bertujuan untuk pemeliharaan dan peningkatan perorangan terhadap potensi dari masing-masing personel,” katanya.

Pasi Ops Yon D Pelopor, Ajun Komisaris Polisi (AKP) Muh. Rais yang memimpin latihan itu mengatakan, sebelum melaksanakan praktek evakuasi, peserta latihan terlebih dulu dibekali dengan teori dasar SAR darat dan air.

“ Ada beberapa materi yang diberikan kepada peserta latihan, yaitu evakuasi korban dari ketinggian, evakuasi korban dari tempat rendah, serta materi evakuasi korban dengan cara menyebrang sungai dan pertolongan dengan menggunakan tandu,” terangnya.

“ Personel yang mengikuti latihan gabungan ini sebanyak 30 orang dan juga dihadiri oleh Danramil Masamba dan Ka. Post Basarnas Lutra,” tutup Muh. Rais. (fit)

Pos terkait