Tinjau Lokasi Penanaman Mangrove di Larompong, Fadriaty Asmaun Barikan Bantuan 28.000 Mangrove

Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Selatan Fadriaty Asmaun meninjau lokasi dan melakukan penanaman pohon Mangrove di di Pantai Kelurahan Larompong, Kecamatan Larompong, Kabupaten Luwu, Jumat (05/08/2022). (Ft/Andi Fitria Kambau)

LUWU— Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Selatan, Fadriaty Asmaun meninjau lokasi penanaman Mangrove di Pantai Kelurahan Larompong, Kecamatan Larompong, Kabupaten Luwu, Jumat (05/08/2022).

Dalam kesempatan tersebut Fadriaty menyampaikan ada 28.000 bibit Mangrove yang diberikan untuk ditanam di pantai yang ada Larompong. Menurutnya, penanaman Mangrove ini merupakan wujud kepedulian dan perhatian bersama antara Pemerintah dan DPRD Provinsi Sulsel.

Bacaan Lainnya

“Penanaman dan konservasi tanaman Mangrove ini sebagai salah satu bentuk dukungan untuk kelestarian hutan Mangrove yang berada di sepanjang pantai, serta mempertahankan dan menjaga kelestarian hutan Mangrove di Luwu,” katanya.

Legislator dua periode itu juga menyampaikan, penanaman Mangrove ini memiliki beberapa manfaat, diantaranya, mencegah abrasi pantai, penyerapan karbondioksida, menjaga kualitas air dan udara.

“Dengan adanya penanaman Mangrove, semua pihak berharap ekosistem hutan Mangrove yang ada di Sulsel khususnya yang ada di pesisir Luwu bisa terjaga dan tetap lestari sebagai penyangga kehidupan dan semoga kedepan masyarakat sekitar bisa memelihara dan menjaga Mangrove ini demi kebaikan kita bersama,” terang Fadriaty Asmaun.

“Selain itu, mangrove juga sebagai habitat ikan dan biota laut lain, pereduksi gelombang di pantai, memberikan dampak ekonomi yang luas dan menjadi sumber pendapatan bagi para nelayan,” pungkasnya.

Semantara, Pemuda Pemerhati Lingkungan Asdar Azis, memberikan apresiasi kepada Anggota DPRD Provinsi Sulsel, terkhususnya Fadriaty Asmaun yang telah membantu dan penanaman Mangrove di Larompong ini bisa berjalan dengan baik.

“Terimakasih kepada pihak eksekutif dan legislatif terkhusus kepada Ibu Fadriaty karena melalui pokok-pokok fikirannya, bantuan bibit Mangrove sebanyak 28.000 ini bisa kita dapatkan yang tentunya sangat bermanfaat bagi kelangsungan ekosistem dan biota di pesisir Larompong,” ucap Asdar.

Asdar juga berharap, Mangrove ini bisa tumbuh lestari sehingga menjadi solusi dalam mnghindari abrasi atau jebolnya tanggul pematang petani tambak di kelurahan Larompong.

Dalam kunjungannya Fadriaty Asmaun didampingi Kepala Cabang Dinas Kelautan dan Perikanan Luwu Raya, Abd. Khalik, beserta staf, Dinas Perikanan dan Kelautan Pemkab  Luwu Andi Irma, hadir pula petani tambak masyarakat sekitar pesisir dan pemuda pemerhati lingkungan. (*)































Pos terkait