Walikota Palopo Harap PPS Ikuti Aturan KPU

Foto bersama usai pelantikan PPS, Selasa (24/1/2022).

PALOPO – Walikota Palopo, HM Judas Amir menghadiri pelantikan anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) terpilih untuk Pemilihan Umum tahun 2024.

Pelantikan dan pengambilan sumpah terhadap anggota PPS oleh Ketua KPU Kota Palopo itu digelar di Hotel Agrowisata Latuppa, Selasa (24/1/2023).

Bacaan Lainnya

Dalam sambutannya, walikota menekankan kepada semua PPS yang dilantik agar cinta terhadap tugasnya.

Walikota juga menambahkan, PPK dan PPS tidak boleh percaya bila dalam pelaksanaan tugas ada yang datang mengatakan bahwa ada peraturan baru, selain dari peraturan KPU.

“Jika ada Lurah yang datang katakan begini-begitu, jangan percaya. Biarpun walikota yang datang, jangan percaya,” ungkapnya.

“Satu- satunya yang harus kita percaya adalah aturan yang bersumber dari KPU,” tegasnya.

“Tadi, saudara dilantik dan diambil sumpahya oleh ketua KPU. Itu karena tidak semua kewenangan dari walikota, camat dan lurah. Terkait ini, pelaksanaan pemilihan umum, adalah kewenangan KPU,” jelas walikota.

Sementara itu, Ketua KPU Kota Palopo, Abbas dalam sambutannya seusai melantik dan mengambil sumpah anggota PPS menyampaikan bahwa membutuhkan satu bulan proses, mulai dari pendaftaran sampai penetapan anggota PPS.

“Dan bagi kami inilah yang kami anggap mampu menjalankan tugas sebagai PPS,” tegasnya.

Abbas melanjutkan, tugas pertama PPS adalah koordinasi dengan lurah masing-masing.

“Saya tidak mau lagi dengar ada anggota PPS yang tidak kenal dengan lurah dan camat pada tempatnya bertugas,” pesan Abbas.

“Bersama Lurah, datangi tokoh-tokjoh masyarakat, kenali wilayah tempat tugas, deteksi potensi kerawanan pelaksanaan pemilu yang kemudian dilaporkan kepada kami (KPU) untuk kami tundaklanjuti bersama dengan forkopimda,” tandas Abbas. (*)





















Pos terkait