Walikota : Terimakasih Telah Memilih Palopo Tuan Rumah Silatnas KKLR

Ketua KKLR, Arsyad Kasmar memberikan piagam penghargaan kepada walikota Palopo atas dukungan kegiatan KKLR, Sabtu (1/7/2023) malam.

PALOPO – Wali Kota Palopo, HM Judas Amir menghadiri malam sitammu rupa yang merupakan rangkaian kegiatan Silaturahmi Nasional (Silatnas) I Kerukunan Keluarga Luwu Raya (KKLR) di Halaman Istana Kedatuan Luwu Kota Palopo Sabtu, 1 Juli 2023.

Kerukunan Keluarga Luwu Raya (KKLR) adalah wadah organisasi tempat berhimpunnya warga masyarakat yang berasal dari Tana Luwu di manapun ia berada. Organisasi ini dibangun untuk mempererat tali persaudaraan antar sesama keluarga besar Wija to Luwu yang berdiaspora diluar wilayah Tana Luwu.

Bacaan Lainnya

Selain itu, KKLR juga diharapkan dapat menjadi forum komunikasi dan pembelajaran buat generasi muda agar dapat memahami sejarah serta dapat bersatu padu mengawal jalannya pembangunan di Tana Luwu yang berbasis adat dan budaya masyarakat.

Sitammu rupa dan rangkaian jamuan makan malam di halaman Istana Datu Luwu berlangsung khidmat, dengan disuguhkannya persembahan penampilan nyanyian mars Kerukunan Keluaraga Luwu Raya (KKLR) oleh paduan suara KKLR, juga ditampilkan tarian adat tradisional dan penampilan musik oleh sanggar seni.

Pembacaan hasil dialog forum masa depan Luwu Raya dan dialog FB WTL oleh badan pengurus pusat Kerukunan Keluaraga Luwu Raya (KKLR) yang berisi gagasan untuk pembentukan daerah otonomi baru (DOB) Provinsi Luwu Raya, mendorong terbentuknya DOB Kabupaten Luwu Tengah. Luwu, Kota Palopo, Kabupaten Luwu Utara dan Kabupaten Luwu Timur, sebagai wilayah administrasi Provinsi Luwu Raya.

HM Judas Amir, menyampaikan terimakasih kepada KKLR telah memilih Kota Palopo sebagai tempat pelaksanaan Silatnas I KKLR.

“Harapannya kepada semua yang telah hadir dari berbagai daerah di Indonesia bisa menikmati Kota Palopo seperti apa adanya saat ini. Mewakili masyarakat Kota Palopo saya juga memohon maaf andai ada hal yang dijumpai yang kurang berkenan pada tempat ini, tidak ada niat masyarakat Kota Palopo dalam berbahasa, bertingkah, melirik yang bermakna kurang baik dimata para tamu, maupun peserta dari luar KKLR,” katanya.

“Selamat jalan semoga kembalinya dari kegiatan ini semua selamat kembali ke daerah masing-masing dan doa agar semakin sukses ke depan turut menyertai,” harapnya.

Sementara itu, opu pabbicara kedatuan Luwu, Luthfi A Mutty, menyampaikan Istana Datu Luwu sangat terbuka untuk menyambut Wija To Luwu peserta Silatnas KKLR, berkumpulnya Wija To Luwu ini juga dalam tujuan untuk penguatan ekonomi demi Luwu yang maju dan lebih baik.

“Kita sekarang berada dalam alam demokrasi liberal dalam pandangannya ialah kapitalis dimana kita semua harus mempersiapkan diri menghadapinya,” sebutnya.

“Harapannya, agar apa yang dirintis pendahulu bisa kita bangkitkan kembali semangat enterpreneur pebisnis – pebisnis Wija To Luwu agar kembali bangkit, dikarenakan kemajuan suatu daerah ditentukan oleh enterpreneurnya maka diharapkan agar pemerintah daerah bisa membina menumbuhkan enterpreneur – enterpreneur yang ada didaerahnya masing-masing sehingga bisa menjadi kreatif enterpreneur menciptakan lapangan kerja,” tambahnya.

Acara ditutu dengan pemberian penghargaan kepada Bupati dan Walikota se- Luwu Raya atas dukungan dan partisipasinya terhadap tumbuh kembangnya KKLR di seluruh Indonesia. (*)































Pos terkait