WASPADA! Ada Tanah Retak Sepanjang Ratusan Meter di Luwu

  • Whatsapp
5

BELOPA — Sebuah fenomena aneh terjadi di pegunungan Desa Gandang Batu, Kecamatan Larompong Selatan, Kabupaten Luwu, beberapa hari lalu.

Dalam sebuah video yang beredar menunjukkan, adanya tanah yang retak sepanjang ratusan meter di daerah itu. Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Luwu, Aminuddin Alwi membenarkan fenomena tersebut.

Bacaan Lainnya

” Ada yang mengirimkan video itu. Setelah personil kita turunkan ke lapangan untuk mengecek, ternyata benar adanya. Panjang patahan sekitar 300-an meter,” katanya, Minggu (26/07/2020).

Retakan tersebut berada di daerah pegunungan perkebunan masyarakat. ” Kejadian ini sudah kami laporkan ke Bupati Luwu,” katanya.

Hasil pengamatan BPBD di lapangan juga telah dikoordinasikan ke Bappeda Luwu sebagai pihak yang ditunjuk Bupati Luwu mengkoordinir tim ahli dari Universitas Hasanuddin (Unhas) untuk meneliti dan mengkaji banjir di Kabupaten Luwu saat ini.

Bachrianto Bachtiar, dari Unhas mengatakan pihaknya telah turun ke lapangan guna mengambil data terkait fenomena itu.

“Khusus di Larompong Selatan ini, untuk kajian potensi longsor mungkin kita akan memberi gambaran umum, karena kita sementara fokus pada persoalan banjir, untuk potensi geologi tentu lebih jauh dalam lagi. Kita akan lihat di peta apakah ada patahan yang berhubungan langsung dengan patahan di Larompong Selatan,” katanya dikutip dari Sindonews.com. (*/fit)

Pos terkait