Belum Ditetapkan Sebagai Paslon di Pilkada Lutra, Rajab : AKAS Tempuh Jalur Corona

  • Whatsapp
4

LUTRA — KPU Lutra telah menetapkan pasangan calon (paslon) bupati dan wakil bupati pada Rabu (23/9/2020) sesuai tahapan pilkada serentak.

Hanya ada dua paslon yang ditetapkan untuk bertarung pada 9 Desember 2020 mendatang yakni pasangan Indah-Suaib dan pasangan MTR-Rahmat.

Bacaan Lainnya

Sementara satu pasangan lainnya yaitu Arsyad Kasmar-Andi Sukma (AKAS) belum ditetapkan sebagai kontestan. Itu karena Arsyad yang maju sebagai balon bupati baru saja usai isolasi karena positif covid-19.

Ketua Tim pemenangan AKAS, Muh Rajab angkat bicara. Ia mengaku banyak pertanyaan yang dialamatkan ke pihaknya lantaran AKAS belum ditetapkan sebagai paslon.

“Banyak pertanyaan via telpon dan media sosial. Dan saya ingin menjawabnya dengan sangat sederhana untuk memberikan kepastian dan keyakinan pada semua teman seperjuangan di AKAS,” kata mantan komisioner KPU itu.

“Sesuai Peraturan KPU (PKPU) nomor 10 tahun 2020, dalam pencalonan melahirkan dua jalur. Jalur Korona dan jalur non Korona. Jalur korona akan diperlakukan melalui tahapan khusus, sementara jalur non korona diperlakukan melalui tahapanumum,” tambah Rajab.

Lanjut mantan anggota DPRD Sulsel itu, kebetulan AKAS menempuh jalur korona, sehingga diperlakukan melalui tahapan khusus.

“Jika KPU Luwu Utara melalui keputusan nomor 367 menetapkan IDP-SM dan MTR-RL sebagai pasangan calon pada tanggal 23 september 2020, maka AKAS akan menyusul ditetapkan sebagai pasangan calon setelah melalui pemeriksaan kesehatan jasmani, rohani dan bebas penyalahgunaan narkoba. Dan pemeriksaan kesehatan ini akan dilakukan setelah AKAS dipastikan negatif korona pada hari Senin, tanggal 21 september 2020,” beber Rajab.

“Pemeriksaan kesehatan jasmani, rohani dan bebas penyalahgunaan narkoba akan dijalani pada hari jumat dan sabtu, tanggal 25 dan 26 september 2020. Setelah pemeriksaan kesehatan ini, maka KPU Luwu Utara akan menetapkan AKAS sebagai pasangan calon. Dan sekaligus akan mendapatkan nomor urut 3,” tambahnya.

“Walau AKAS ditetapkan sebagai pasangan calon belakangan, namun AKAS lebih dahulu mengetahui Nomor Urut. Insya Allah, AKAS nomor urut 3,” tutup Rajab. (asm)























Pos terkait