Berkunjung ke Luwu, Kakanwil DJPb Sulsel Minta Bupati Segera Lakukan Evaluasi Asas Manfaat Pembangunan Infrastruktur Dana DAK Tahun 2020-2021

Bupati Luwu, Basmin Mattayang bersama Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Provinsi Sulawesi Selatan, Supendi, Selasa (20/06/2023).

BELOPA—Bupati Luwu, Basmin Mattayang menerima kunjungan dari Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Provinsi Sulawesi Selatan, Supendi, Kepala KPPN Palopo, Ikhwan Mahmud, dan Kabid PPA II Kanwil DJPb Prov Sulsel Wahyu Harmono, Selasa (20/06/2023).

Kakanwil DJPb Sulsel, Supendi menjelaskan, kunjungan yang berlangsung di ruang kerja Bupati Luwu itu dalam rangka silaturahmi sekaligus menyampaikan evaluasi penyerapan anggaran Tahap I Tahun Anggaran 2023.

Bacaan Lainnya

“Dari beberapa sumber anggaran, ada dua hal yang perlu kami sampaikan, yakni terkait penyerapan anggaran DAK Fisik dan Dana Desa pada Tahap I tahun anggaran 2023,” katanya.

Menurut Supendi, Kabupaten Luwu sebagai mitra KPPN Palopo perlu melakukan percepatan penyerapan anggaran, sebab, dari Rp. 1,2 Triliun APBD yang telah direalisasikan baru sekitar Rp.482 Miliar atau sekitar 40% lebih.

“Itu sudah cukup bagus namun tentunya Pemkab Luwu masih perlu melakukan akselerasi, apalagi kita sudah berada diakhir semester 1, harusnya sudah bisa menyerap 50% atau sekitar Rp.600 M,” terangnya.

Supendi juga menyebutkan dana desa yang sudah direalisasikan sebesar Rp.60 Miliar dari total anggaran senilai RP.173 Miliar.

“Untuk dana desa seharusnya semua sudah harus masuk ke tahap II, karena tahap II itu sudah dimulai pada bulan April, sehingga perlu percepatan penyerapan anggaran terutama penyerapan dana BLT agar masyarakat juga bisa cepat rasakan manfaatnya,” katanya.

Selain itu, Supendi juga meminta Pemkab Luwu agar segera melakukan evaluasi pembangunan infrastruktur yang menggunakan dana DAK Fisik tahun anggaran 2020 dan 2021 terkait asas manfaat dari bangunan tersebut.

Semenrara, Bupati Luwu Basmin Mattayang menyampaikan ucapan terima kasih atas kunjungan Kepala Kanwil DJPb Sulsel bersama rombongan serta informasi-informasi yang disampaikan.

“Atas nama pemerintah Kabupaten Luwu saya ucapkan terima kasih atas kunjungan Bapak Kakanwil beserta rombongan. Hal-hal yang sampaikan sangat berarti bagi kami dan akan segera kami tindak lanjuti,” ucapnya.

Menidaktanjuti hal itu, Bupati Luwu langsung menginstruksikan kepada Kepala Bappelitbangda untuk segera mengagendekan pertemuan bersama tim anggaran Pemkab Luwu guna membahas hasil pertemuan dengan Kepala Kanwil DJPb Provinsi Sulsel.

Pertemuan itu juga dihadiri oleh Kepala BPKAD Kabupaten Luwu, Muh. Rudi, Kepala Bappelitbangda, Moh. Arsal Arsyad, Kepala Bapenda, Andi Palanggi serta Inpektur Kbupaten Luwu, Ahmad Awwabin. (rls/fit).































Pos terkait