Bupati Luwu Kembali Raih WTP ke-7

Bupati Luwu, Basmin Mattayang saat memberikan sambutannya pada acara Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) Republik Indonesia Provinsi Sulawesi Selatan di Auditorium lantai 2 Gedung BPK RI, Makassar, Selasa (17/05/2022).

MAKASSAR— Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (PD) tahun 2021 Kabupaten Luwu dibawah kepemimpinan Basmin Mattayang selaku Kepala Daerah kembali meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) Republik Indonesia Provinsi Sulawesi Selatan. Predikat tersebut disampaikan Kepala BKP RI Perwakilan Sulawesi Selatan, Paula Henry Simatupang, di Auditorium lantai 2 Gedung BPK RI, Makassar, Selasa (17/05/2022).

“Pemeriksaan BPK mengacu pada 4 hal, yakni kesesuaian laporan keuangan dengan standar akuntansi, kepatuhan pelaksanaan APBD atau kegiatan dengan peraturan perundang-undangan, apakah pemerintah daerah sudah mengimplementasikan sistem pengendalian yang efektif, dan kecukupan pengungkapan,” kata Kepala BPK RI Prov. Sulsel, Paula Henry.

Bacaan Lainnya

Bupati Luwu, Basmin Mattayang, dalam sambutannya menyampaikan aspirasi proses pelaksanaan audit yang telah dilaksanakan. Menurutnya tim BPK telah bekerja secara profesional dan benar-benar memaksimalkan waktu, tenaga dan pikirannya dalam melaksanakan tugas khususnya di Kabupaten Luwu.

“Terima kasih atas Opini WTP ketujuh kalinya yang diberikan kepada kami. Terima kasih atas segala masukan, koreksi dan langkah- langkah perbaikan selama proses pemeriksaan berlangsung. Namun demikian, karena kelemahan dan kekurangan dalam penyusunan laporan keuangan pemerintah daerah sehingga masih terdapat temuan-temuan yang harus kami tindaklanjuti demi perbaikan ke depan,” ungkap Basmin saat mewakili Kepala Daerah dalam menyampaikan sambutan.

Selanjutnya dalam menindaklanjuti temuan-temuan dalam LHP LKPD tahun anggaran 2021, rencana aksi yang disusun akan segera kami tindaklanjuti. Dalam implementasinya, Bupati dua periode ini mengharapkan bimbingan dan arahan BPK agar dapat ditindaklanjuti dan diselesaikan tepat waktu.

Bersamaan dengan Kabupaten Luwu, beberapa daerah yang juga mendapatkan Opini WTP dari BPK RI Perwakilan Provinsi Sulawesi Selatan yakni diantaranya Kabupaten Luwu Utara, Kabupaten Luwu Timur, Kabupaten Sinjai, Kabupaten Soppeng, dan Kabupaten Bone.

Turut hadir pada kegiatan tersebut yakni Ketua DPRD Kab. Luwu Rusli Sunali, Sekretaris Daerah Kab. Luwu Sulaiman, Inspektur Daerah Kab. Luwu, Andi Palanggi, Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah, Moh. Arsal Arsyad, dan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan dan Litbang Daerah, Achmad Awwabin. (rls/fit)

Pos terkait