Curhat Shin Tae Yong Usai Timnas Indonesia Dilibas Jepang

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong buka suara usai timnya dikalahkan Jepang pada laga terakhir Grup D Piala Asia 2023.

QATAR — Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong buka suara usai timnya dikalahkan Jepang pada laga terakhir Grup D Piala Asia 2023. Indonesia kalah 1-3 dalam laga yang berlangsung di Stadion Al Thumama, Doha, Rabu 24 Januari 2024.

Timnas Jepang unggul di laga ini berkat sepasang gol dari Ayase Ueda dan gol bunuh diri Justin Hubner. Sementara Timnas Indonesia memperkecil kedudukan berkat gol Sandy Walsh.

Bacaan Lainnya

Dengan kemenangan ini Timnas Jepang dipastikan lolos ke babak 16 besar sebagai runner up grup D. Sementara Timnas Indonesia harus puas finish sebagai peringkat tiga. Indonesia menanti nasib dari laga tim lainnya untuk lolos ke babak 16 besar.

Meski kalah, Shin Tae-yong mengaku bangga dengan Timnas Indonesia. Tak bisa dipungkiri, Indonesia merupakan salah satu tim terlemah di Piala Asia jika melihat rangking FIFA. Tapi, Shin Tae-yong menyatakan, permainan Indonesia di ajang ini sama sekali tidak menggambarkan bahwa Indonesia kini berada di peringkat 146 FIFA. Menurutnya lebih baik.

“Secara individu sebagai pelatih, turnamen besar seperti ini selalu memberikan saya perkembangan dan kesan tersendiri. Saya melatih salah satu tim terlemah di Piala Asia 2023, jadi ini juga menjadi pengalaman tersendiri bagi saya,” kata Shin, usai laga.

“Indonesia sekarang ranking 146, tapi jika melihat realitas permainan, sebenarnya itu tidak sesuai dengan ranking FIFA kami sekarang,” sambungnya.

Lebih lanjut, Shin menegaskan bahwa di Piala Asia 2023 ini, Indonesia tampil sebagai tim dengan skuad paling muda. Oleh karenanya, skuad Garuda akan terus berkembang di masa depan.

“Dan saya ingin menyampaikan bahwa tim saya adalah tim yang termuda dengan mendapatkan pengalaman bermain melawan tim terbaik di Asia akan membantu kami terus berkembang,” ucapnya.

Kini, Timnas Indonesia harus berharap Yordania menang atas Bahrain dengan selisih 3 gol. dan Oman imbang melawan Kirgistan.

“Saya ingin membiarkan pemain nonton pertandingan senyaman mereka. Saya tidak akan maksa mereka nonton pertandingan secara bersama-sama, saya pikir ini lebih baik untuk pemain mendapatkan suasana santai dan tanpa stres, saya membiarkan mereka nonton sendiri-sendiri,” pungkas Shin Tae-yong. (*)































Pos terkait