Menang Dramatis, Timnas Indonesia U-19 Raih Tiket Piala Asia 2023

Timnas Indonesia menang dengan skor 3-2 atas Vietnam dalam laga terakhir grup F kualifikasi piala Asia 2023, Minggu (18/9/2022) malam.

SURABAYA — Timnas Indonesia U-19 menjadi juara grup F dengan 9 poin sekaligus lolos ke putaran final Piala Asia U-20 2023 yang akan digelar di Uzbekistan. Hasil itu didapatkan usai menang dramatis atas Vietnam di laga terakhir yang berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo, Minggu (16/9/2022) malam.

Kedua tim bermain imbang tanpa gol di babak pertama. Pelatih timnas Indonesia kemudian memasukkan wonderkid Marselino Ferdinan di awal babak kedua menggantikan Ronaldo dan langsung mencetak gol di menit 59.

Bacaan Lainnya

Marselino Ferdinan melepas tendangan keras dari luar kotak penalti. Skor berubah 1-0. Di menit ke-64, gawang Timnas Indonesia U-20 jebol melalui gol bunuh diri pemain belakang timnas Indonesia yang mengubah skor menjadi 1-1.

Bahkan, menit 79 Vietnam berhasil membalikkan keadaan menjadi 1-2 setelah Xuan Tien menjebol gawang Aditya. Beruntung, kapten timnas Indonesia, Ferrari membalas dengan gol sundulan usai memanfaatkan sepak pojok di menit 82. Skor sama kuat 2-2.

Timnas Indonesia terus meningkatkan intensitas serangan. Menit 85, Nico yang masuk di babak kedua berhasil menusuk ke sisi kiri pertahanan Vietnam dan memberikan umpan tarik ke arah kiper Vietnam. Bola yang mengarah ke gawang langsung diteruskan Rabbani sehingga membuat timnas Indonesia unggul 3-2 yang berakhir hingga peluit panjang dibunyikan.

Hasil ini membuat Indonesia lolos langsung ke putaran final Piala Asia 2023 di Uzbekistan. Timnas sebelumya melibas Timor Leste dengan skor 4-0 serta membenamkan Hongkong dengan skor 5-1 di grup F. Sementara Vietnam yang tertahan di runner up dengan 6 poin, masih berharap satu dari lima tiket runner up terbaik. Ada 10 negara yang memperebutkan lima tiket itu. (asm)











Pos terkait