Kiper Timnas Indonesia U-19 Keluar dari RS, Berpeluang Dimainkan Hadapi Vietnam

Cahya Supriadi

JAKARTA — Kiper utama timnas Indonesia U-19, Cahya Supriadi telah dibolehkan meninggalkan rumah sakit usai menjalani perawatan sekitar dua hari. Cahya langsung menuju hotel untuk bergabung bersama tim jelang laga menghadapi Vietnam, Minggu (18/9/2022) malam.

Cahya harus ditandu ke luar lapangan dalam laga Timnas Indonesia U-20 vs Hong Kong, Jumat (16/9). Ketika pertandingan memasuki menit ke-59, Cahya bertabrakan dengan Rahmat Beri Santoso.

Bacaan Lainnya

Penjaga gawang muda Persija itu sempat kolaps beberapa saat sehingga terpaksa dilarikan ke Rumah Sakit Mitra Keluarga, Surabaya.

Terkait peluang Cahya bermain di laga Indonesia vs Vietnam malam ini, Sumardji tidak bisa memastikan. Sumardji mengatakan keputusan terakhir ada di tangan Shin Tae Yong.

“Laporan terakhir Cahya sudah tidak ada memar hanya mungkin masih ada trauma setelah benturan kemarin lawan Hong Kong. Tapi saya belum bisa memastikan dia bisa main atau tidak karena itu kewenangan pelatih [Shin],” terang Sumardji.

Shin Tae Yong sebelumnya sudah mengisyaratkan posisi penjaga gawang utama Garuda Nusantara akan dihuni Aditya Arya Nugraha saat melawan Vietnam malam ini.

Aditya bahkan sudah dibekali latihan adu penalti pada sesi latihan terakhir di Lapangan Tot Heil Onzer Ribbenkast (THOR), Surabaya, Sabtu (17/9).

“Performa perdana [Aditya] sebagai pemain pengganti sudah bagus. Dia memang sempat ada kesalahan, tapi secara umum sudah sangat siap menghadapi serangan Vietnam,” ujar Shin Tae Yong.

Sementara itu, Aditya Arya Nugraha siap tampil menggantikan posisi Cahya Supriadi pada laga kontra Timnas Vietnam atau laga terakhir Grup F kualifikasi AFC U-20, di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Jawa Timur, Minggu (18/9/2022).

Dia mengatakan sudah mempelajari gaya permainan Vietnam dalam melakukan serangan ke barisan pertahanan, serta sudah berlatih untuk mengantisipasinya.

Penjaga Gawang Garuda Muda itu berharap menenangkan laga pamungkas dalam waktu normal. Tapi, dia dan seluruh tim juga siap kalau penentuan harus lewat drama adu penalti.

“Kalau bisa menang dalam waktu 90 menit. Kalau pun harus adu penalti juga siap, sudah mencoba latihan penalti juga,” ucapnya setelah melakukan latihan di lapangan Thor Surabaya, Sabtu (17/9/2022).

Sebelumnya, Aditya Arya juga bermain untuk Timnas Indonesia ketika menghadapi Hong Kong. Pada kesempatan itu, dia sempat menggagalkan eksekusi penalti pemain Hong Kong, meski bola muntah kembali bisa disambar pemain lawan dan berujung gol.

Di laga itu, dia tampil sejak menit ke-57, ketika menggantikan Cahya Supriadi yang tidak bisa melanjutkan pertandingan karena cedera dan harus dibawa ke rumah sakit.

Shin Tae Yong Pelatih Timnas Indonesia mengatakan, penampilan kiper cadangan Timnas Indonesia tersebut juga bagus.

“Pemikiran saya, Aditya Arya lebih baik. Meski pun ada satu kesalahan kemarin waktu bertanding, tapi secara keseluruhan dia baik,” ucapnya.

Penampilan pertama Aditya Arya di babak kedua yang langsung mengahadapi penalti dan sempat menepisnya, jadi motivasi untuk menghilangkan grogi. “Tentunya dia lebih percaya diri, meski kemarin belum bisa maksimal,” sambungnya.

Lebih lanjut, pelatih asal Korea Selatan itu bertekad mengantarkan Indonesia menang dan lolos ke babak selanjutnya. Dia juga mendoakan Cahya Supriadi lekas pulih dan kembali fit.

“Semoga Cahya bisa cepat sembuh, dan doakan menang lawan Vietnam,” tutupnya. (*)











Pos terkait