3 Skenario Timnas Indonesia U-19 Lolos ke Piala Asia 2023

Timnas U-19 akan melakoni laga pamungkas menghadapi Vietnam pada kualifikasi Piala Asia, Minggu (18/9/2022) malam.

JAKARTA — Timnas Indonesia U-19 saat ini sama kuat dengan timnas Vietnam dalam perolehan poin di Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. Keduanya sama mengoleksi 6 poin dan selisih gol yang sama.

Laga pamungkas akan tersaji di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, pada Minggu (18/9/2022) pukul 20.00 WIB malam. Pertemuan Indonesia dengan Vietnam akan menjadi laga hidup mati demi meraih satu tiket lolos otomatis ke piala asia yang berlangsung di Uzbekistan tahun 2023 mendatang.

Bacaan Lainnya

Setelah melangsungkan dua pertandingan, raihan Timnas Indonesia U-20 dan Vietnam identik, yakni sama-sama mengemas enam poin, memasukkan sembilan gol dan cuma kemasukan satu bola.

Nantinya, hanya juara grup dan lima runner-up terbaik (dari 10 grup) yang diizinkan lolos ke Piala Asia U-20 2023. Jadi, apa saja syarat Timnas Indonesia U-20 lolos ke Piala Asia U-20 2023?

Berikut 3 syarat Timnas Indonesia U-20 lolos ke Piala Asia U-20 2023:

3. Menang Lawan Vietnam

Jika menang lawan Vietnam, Timnas Indonesia U-20 otomatis lolos ke Piala Asia U-20 lewat status juara grup. Pelatih Timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong, meminta kepada para suporter untuk memadati Stadion Gelora Bung Tomo, demi membalaskan dendam kepada Vietnam.

“Saya berharap besok ada banyak suporter (Timnas Indonesia U-20) yang datang untuk menyaksikannya (pertandingan melawan Vietnam U-20),” kata Shin Tae-yong.

2. Imbang Lawan Vietnam

Jika imbang lawan Vietnam, laga akan berlanjut ke adu tendangan penalti. Sesuai butir 7 regulasi AFC, jika dua tim memiliki poin, selisih gol, jumlah gol dan kebobolan yang sama, laga bakal dilanjutkan ke adu tendangan penalti, dengan catatan kedua tim bertemu di laga pamungkas.

Tim yang menang adu penalti bakal keluar sebagai juara grup. Sementara yang kalah, bakal finis sebagai runner-up. Tim yang menang di adu penalti mendapatkan tiga poin. Sementara itu, yang kalah tidak mendapatkan poin.

1. Kalah Tipis

Syarat ini tentu yang paling dihindari, mengingat paling menegangkan ketimbang syarat lain. Jika kalah tipis dari Vietnam, Timnas Indonesia U-20 tetap masih bisa lolos.

Penyebabnya karena secara poin dan selisih gol, raihan Timnas Indonesia U-20 sudah cukup bagus. Misal Timnas Indonesia U-20 kalah satu gol dari Vietnam. Skuad Garuda Nusantara bakal menutup kualifikasi dengan koleksi enam poin dan selisih gol +7.

Raihan itu sudah cukup bagus ketimbang runner-up di grup lain. Saat ini, hanya China (di luar Vietnam), tim penghuni posisi dua yang memenangkan dua laga awal. Sementara itu, Malaysia, Yaman dan Bahrain baru mengemas empat angka.

Kemudian, Kirgizstan, Suriah, Afghanistan dan Lebanon baru mendulang tiga angka. Bahkan, tim-tim di atas belum tentu bisa mendapatkan poin di laga terakhir, mengingat bakal menghadapi tim terkuat di grup mereka.

Ambil contoh Malaysia yang harus bersua Korea Selatan, China ditantang Arab Saudi, Yaman diadang Jepang hingga Bahrain yang ditunggu Qatar. Karena itu, peluang Timnas Indonesia U-20 untuk lolos ke Piala Asia U-20 2023 masih terbuka meskipun kalah tipis dari Vietnam. (*)











Pos terkait