Datu Luwu Siap Maju Jadi Calon Anggota DPD RI

Datu Luwu, Andi Maradang Mackulau

PALOPO — Datu Luwu, Andi Maradang Mackulau, menyatakan sikap untuk maju sebagai calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI pada pemilu 2024 mendatang. Kesiapan Datu Luwu tersebut ditunjukkan dengan beredarnya sejumlah gambar yang dikirim ke beberapa grup WA (WhatsApp).

” Saya siap maju sebagai calon anggota DPD RI. Mohon doa dan dukunganta,” katanya saat dikonfirmasi via WhatsApp, Senin (19/09/2022). Diketahui, sejak ditinggalkan Aziz Qahhar Mudzakkar, kini tak ada lagi putra Tana Luwu yang duduk di lembaga tersebut.

Bacaan Lainnya

Padahal, dengan jumlah pemilih yang hampir satu juta suara tokoh asal Tana Luwu punya potensi untuk meraih satu kursi di DPD RI. Saat ini, empat anggota DPD asal Sulsel yakni Andi Muh Ihsan kelahiran Panyangkalang Kabupaten Gowa, Ajiep Padindang Kabupaten Bone, Tamsil Linrung, kelahiran Barru serta Lily Amelia Salurapa asal Toraja.

Andi Muh Issan meraih 566.972 suara, Ajiep Padindang 421.704 suara, Tamsil Linrung 440.902 suara serta Lily 476.696 suara.

Berdasarkan UU Nomor 17 tahun 2014, tugas dan kewenangan anggota DPD RI adalah mengajukan RUU kepada DPR, berkaitan dengan otonomi daerah, hubungan pusat dan daerah, pembentukan dan pemekaran serta penggabungan daerah, pengelolaan sumber daya alam dan sumber daya ekonomi lainnya, serta perimbangan keuangan pusat dan daerah. (adn)











Pos terkait