Dibuka FKJ, 80 Warga Palopo Diberi Pelatihan Kejuruan

Kepala BKPSDM Palopo, Farid Kasim Judas menyampaikan sambutan sekaligus membuka pelatihan, Kamis (12/5/2022).

PALOPO — Kepala BKPSDM Kota Palopo Farid Kasim Judas (FKJ) mewakili Walikota Palopo Membuka pelatihan berbasis kompetensi Program Pendidikan dan Pelatihan Vokasi Tahun Anggaran 2022 yang diselenggarakan oleh UPT Balai Latihan Kerja Kota Palopo di Aula BLK Kota Palopo, Kamis (12/5/2022).

Dalam pelatihan ini ini terdiri dari Lima kejuruan diantaranya servis Sepeda Motor Injeksi, Operator Computer Asistant, Penjahitan Pakaian dan Mesin, Pembuatan Roti dan Kue serta tata rias kecantikan dengan jumlah peserta sebanyak 80 Orang yang terdiri dari 16 orang di setiap kejuruan.

Bacaan Lainnya

Dalam sambutannya, FKJ menyampaikan kepada peserta agar jangan pernah bergantung pada perusahaan. Karena tujuan dari pada sebuah pendidikan berbasis kompetensi, tidak bergantung pada perusahaan.

“Tapi bagaimana caranya pelatihan ini dapat melalui tes tenaga kerja yang memiliki SDM skill yang bisa memberikan pelayanan apa yang dibutuhkan masyarakat kita. Jadi pelatihan diberikan ini, apakah ada capaian karena pelatihan ini dilaksanakan oleh Pemerintah yang telah diberikan ilmu, SDM dimantapkan kompetensi oleh Kementerian tenaga kerja melalui Pemerintah Daerah,” katanya.

“Setelah keluar dari pelatihan ini harus memiliki poin dari yang tidak paham menjadi paham yang bisa bermanfaat bagi sesama manusia. Semoga kegiatan ini melahirkan sebuah solusi permasalahan dari tenaga kerja,” tambahnya.

Dia menjelaskan, tenaga kerja menjadi problematika seluruh daerah sehingga kita harus menghadirkan pelayanan yang baik, menciptakan sebuah solusi yang menjadi kebutuhan dari masyarakat.

Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja, mengatakan tujuan dari pelaksanaan ini untuk membuka wawasan dan meningkatkan kompetensi serta memberikan pengetahuan dan pengalaman bagi peserta.

“Hal ini juga dapat memberikan pelajaran bagi peserta di dunia usaha dan industri dan menjadi wirausaha yang akan membuka lapangan kerja,” katanya. (*)

Pos terkait