Dibuka Walikota, 35 ASN Palopo Ikuti Seleksi Pejabat di LAN Makassar

PALOPO — Pemerintah kota Palopo melalui BKPSDM bekerjasama LAN RI menggelar seleksi terbuka pejabat pimpinan tinggi pratama eselon IIb atau setara kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Kota Palopo yang dilaksanakan di Aula LAN Makassar, Sabtu 22 Juli 2023.

Seleksi terbuka ini akan mengisi sebanyak 16 jabatan kepala OPD di internal Pemkot Palopo yang saat ini lowong. ASN yang ikut sebanyak 35 orang.

Bacaan Lainnya

Kegiatan dibuka oleh Walikota Palopo, HM Judas Amir. Dalam sambutannya, ia menyampaikan, melalui seleksi ini akan dilihat para pejabat yang akan memegang jabatan tertentu, betul-betul mengembangkan dirinya sehingga masyarakat dapat terlayani secara baik.

“Marilah kita ikuti ini secara baik dan duduk dengan baik, berpikir apa yang ingin dicapai ke depan,” harapnya.

Kepala BKPSDM Kota Palopo Irfan Dahri menyampaikan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengidentifikasi dan mengevaluasi kandidat yang paling cocok dan berkualitas untuk peran atau posisi yang akan diisi.

“Beberapa tujuan utamanya adalah mengukur kemampuan dan keterampilan kandidat assesment center dirancang untuk menguji keterampilan kandidat yang relevan untuk posisi yang sedang dibutuhkan,” jelasnya.

“Ini dapat meliputi pengukuran kemampuan berfikir logis kemudian mengevaluasi potensi kandidat assesment center juga bertujuan menilai potensi dan talenta kandidat dalam mengembangkan diri,” sambungnya.

Kegiatan ini juga akan mengamati perilaku kandidat melalui assesment center, dapat dilihat mengevaluasi prilaku kandidat dalam situasi nyata yang dapat mencakup kerja tim, komunikasi dan pengambilan keputusan.

Dengan jumlah peserta yang ikut sebanyak 35 orang ASN yang berasal dari Pemerintah Kota Palopo yang dilaksanakan selama 3 hari mulai 22 – 24 Juli 2023.

Sementara itu, Kepala Puslatbang LAN yang diwakili oleh Kabag Umum Sudarmi Narwis, menyampaikan ini merupakan step dari beberapa step yang sudah dilalui. Di mana awalnya step administrasi yang telah dilalui dan saat ini kita akan mengikuti step selanjutnya yaitu assesment center.

“Ada standar kompetensi yang harus dimiliki nantinya. Ada sembilan indikator standar kompetensi seperti apa kemampuan untuk menjawab tantangan karena kita ingin mendorong kota Palopo ini menjadi kota maju yang di dukung pejabat pimpinan tinggi pratama,” terangnya.

BERIKUT JABATAN YANG AKAN DI ISI































Pos terkait