Dinas Perdagangan Palopo Pantau Penyaluran Pupuk Bersubsidi

  • Whatsapp
Tim Pengawasan dan Pemantauan Dinas Perdagangan Kota Palopo mendatangi kantor penyalur pupuk bersubsidi, PT Pertani di perumahan Surutanga Residence.
9

PALOPO — Pemerintah kota Palopo melalui Dinas Perdagangan kota Palopo melakukan pemantauan dan pengawasan penyaluran pupuk bersubsidi yang ada di kota Palopo, Selasa (16/2/2021).

Ada tiga distributor pupuk yang terdaftar di kota Palopo. Yakni PT Pertani, PT Mega Eltra dan PT Karya Tani. Ketiga perusahaan tersebut didatangi tim Dinas Perdagangan yang dipimpin Kabid Perlindungan Konsumen, Suhartati Rasyid.

Bacaan Lainnya

Kunjungan pertama dilakukan di PT Pertani yang berada di kelurahan Surutanga kecamatan Wara Timur dan diterima secara langsung oleh Kepala Unit, Adi.

Kepala Dinas Perdagangan, Zulkifli melalui Kabid Perlindungan Konsumen, Suhartati mengatakan, kunjungannya dilakukan dalam rangka melakukan pengawasan dan pemantauan pupuk bersubsidi. “Apalagi sempat kami dengar terjadi kelangkaan pupuk,” kata Suhartati.

Kegiatan ini seperti ini kata dia memang dilakukan pihaknya selama empat kali dalam sebulan. “Kita ingin tahu, bagaimana kondisi sekarang, bagaiamana penyalurannya, berapa kios yang melayani dan cara mendapatkan pupuk bersubsidi ini,” sebutnya.

Tim saat diterima Kepala Unit PT Pertani, Adi.

Menanggapi hal itu, Kepala Unit PT Pertani, Adi mengatakan memang kondisi saat ini ada pengurangan jatah pupuk bersubsidi untuk petani, dari sebelumnya 4 sak menjadi 2 sak.

“Alokasi pupuk bersubsidi oleh pemerintah ditetapkan berdasarkan usulan RDKK (Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok). Jadi petani yang berhak mendapatkan pupuk bersubsidi, tertuang dalam RDKK. Mereka cukup datang di kios yang telah ditunjuk untuk mengambil pupuk dengan membawa KTP,” kata Adi.

Adi menyebut, penyaluran pupuk bersubsidi sejauh ini berjalan lancar. Di mana pihaknya menjual sesuai dengan peraturan menteri pertanian nomor 49 tahun 2020. Seperti untuk pupuk urea sebesar Rp112.500 per sak, phonska Rp115 ribu per sak, ZA Rp85 ribu per sak serta SP-36 Rp120 ribu per sak.

Tim kemudian melanjutkan kunjungan ke distributor lainnya, yakni PT Mega Eltra yang terletak di Perumahan Citra Graha kelurahan Takkalala kecamatan Wara Selatan. Tim diterima Arsan. Pada dasarnya, penyaluran juga lancar. Distributor ini menyalurkan pupuk bersubsidi di enam kecamatan yakni Telluwanua, Wara, Wara Selatan, Wara Timur, Wara Utara dan Wara Barat.

Kunjungan ke PT Mega Eltra.

Tim dari Dinas Perdagangan juga mendatangi distributor lainnya, yakni PT Karya Tani yang berada di Perumnas, hanya saja tim mendapati kantor tersebut dalam kondisi tertutup. (asm)

Pos terkait