Dipimpin Wabup Lutra, Peserta Upacara Hari Sumpah Pemuda Kompak Pakai Baju Adat Nusantara

Bertindak sebagai inspektur upacara (irup), Wakil Bupati Suaib Mansur yang juga tampak mengenakan pakaian adat.

LUWU UTARA – Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda di Kabupaten Luwu Utara, Senin (31/10/2022), di Lapangan Upacara Kantor Bupati Luwu Utara, berlangsung penuh khidmat.

Ratusan peserta upacara tampak mengenakan pakaian adat Nusantara.

Bacaan Lainnya

Bertindak sebagai inspektur upacara (irup), Wakil Bupati Suaib Mansur yang juga tampak mengenakan pakaian adat.

Pun dengan pejabat lainnya yang terlihat hadir, seperti Sekretaris Daerah Armiadi, para Kepala Perangkat Daerah serta unsur Forkopimda lainnya.

Pelaksana upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda Tahun 2022 adalah para anggota Paskibra Kabupaten Luwu Utara yang sebelumnya bertugas pada upacara peringatan Hari Kemerdekaan 17 Agustus 2022 yang lalu, dan berhasil melaksanakan tugasnya dengan baik.

Wakil Bupati Suaib Mansur, dalam sambutan seragam yang dibacakannya, mengatakan bahwa Sumpah Pemuda memberi pelajaran tentang banyak hal.

Di antaranya, bagaimana menyikapi perbedaan sikap primordial, suku, agama, ras, dan kultur, bukan malah sebaliknya.

“Pilihan pemuda waktu itu telah menjadi tonggak kuat menuju kemerdekaan. Peran pemuda dalam memelopori visi kebangsaan dengan sumpah pemuda telah mengantarkan proklamasi kemerdekaan. Peran pemuda ini telah tercatat dengan tinta emas  sepanjang masa,” jelasnya.

Dikatakan Suaib, peringatan hari sumpah pemuda ini memiliki arti penting karena ancaman-ancaman terhadap kesatuan Indonesia selalu ada bersamaan dengan cita-cita mewujudkan kejayaan bangsa Indonesia,” terang mantan Kepala Dinas PUPR Luwu Utara ini.

Masih Suaib, tema Hari Sumpah Pemuda yang menitikberatkan kepada arti pentingnya persatuan bangsa, yaitu Bersatu Bangun Bangsa, memberikan pesan yang mendalam bahwa bersatu padu adalah harga mati yang harus dikuatkan dengan membangun ketangguhan.

“Tema ini menjadi pengejawantahan nilai agung sumpah pemuda dalam konteks kekinian dan yang akan datang. Inilah yang menjadi tekad kita untuk meneruskan perjuangan kemerdekaan mewujudkan cita-cita pada saat ini dan sepanjang masa,” terang Suaib Mansur.

Lebih jauh ia mengatakan bahwa pemuda hari ini adalah tokoh-tokoh yang akan berperan pada masa yang akan datang.

“Apa yang dilakukan oleh pemuda di masa sekarang juga menjadi penentu kemajuan bangsa Indonesia di masa-masa yang akan datang,” imbuhnya.

Ia menambahkan, jika melihat kondisi pemuda saat ini, terdapat optimisme penuh harapan. Di samping tentunya masih ada tantangan yang tidak ringan.

“Kita bersyukur karena pemuda Indonesia telah menunjukkan prestasi di berbagai bidang, baik nasional maupun internasional,” pungkasnya. (*)











Pos terkait