Sebut Jasa Ahli Teknologi Laboratorium Medik Besar, Suaib: Akan Selalu Dihargai

Luwu Utara — Wakil Bupati Luwu Utara, Suaib Mansur, membuka Musyawarah Cabang (Muscab) II yang diselenggarakan DPC Persatuan Ahli Teknologi Laboratorium Medik Indonesia (PATELKI) Luwu Utara, Sabtu (3/12/2022), di Aula La Galigo, Kantor Bupati.

Muscab II PATELKI ini juga dirangkaikan dengan Seminar Ilmiah bertemakan “Profesionalisme Ahli Teknologi Laboratorium Medis (ATLM) Demi Peningkatan Pelayanan Kesehatan yang Bermutu”. Seminar ini diikuti 64 orang anggota PATELKI Kabupaten Luwu Utara.

Bacaan Lainnya

Dalam sambutannya, Wabup Suaib Mansur menyampaikan bahwa keberadaan laboratorium pada unit-unit layanan kesehatan dapat diibaratkan sebagai jantungnya, dikarenakan akurasi dan profesionalisme dalam menentukan jenis penyakit.

“Laboratorium itu hanya akan menjadi bangunan kosong kalau tidak dihuni oleh Ahli Teknologi Laboratorium Medik untuk menjalankannya. Jadi, tentu ini adalah profesi yang sangat penting,” kata Wakil Bupati Suaib Mansur.

Mantan Kepala Dinas PUPR Luwu Utara ini menyebutkan bahwa hal utama dari seorang ATLM adalah profesionalitasnya. Mengingat profesionalitas itu tidak berdiri sendiri.

“Bukan hanya mampu men-justifikasi keahlian, namun sebenarnya di dalamnya juga ada integritas, tata laksana yang sesuai prosedur, kemudian di dalamnya ada indikator-indikator yang mungkin mengarah pada tuntutan kita untuk lebih profesional,” jelas dia.

Suab melihat betapa pentingnya sebuah organisasi yang menghimpun anggota-anggota dengan profesi sama. “Tak kalah pentingnya adalah kita ini merupakan organisasi yang mampu mengisi pembangunan daerah dalam arti luas sesuai dengan profesi kita,” imbuhnya.

Pada kesempatan itu, Suaib Mansur juga menyemangati para ATLM agar tidak merasa rendah diri apabila banyak orang tak mengetahui organisasi PATELKI.

“Jasa kalian besar. Bukan hanya di era COVID-19, namun juga di saat-saat yang lainnya. Tak perlu merasa kecil karena tidak diketahuinya PATELKI secara luas. Jasa itu akan tetap dihargai dan dihormati,” ucapnya.

Olehnya itu, ia tak lupa menyampaikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya atas terselenggaranya kegiatan ini. “Sebagai pemerintah dan pribadi, saya sangat mengapresiasi musyawarah ini. Atas nama pemerintah, saya ucapkan selamat untuk kita semua,” tandasnya.

Apresiasi juga disampaikan Ketua DPW PATELKI Sulsel, Idris Mone, kepada pemerintah daerah kabupaten Luwu Utara yang telah memberi ruang dan dukungan bagi organisasi ini.

“Kami berharap perhatian dan kontribusi pemda agar organisasi ini makin baik dan besar ke depannya, sehingga ATLM dapat lebih menunjukkan jati dirinya sebagai bagian dari tenaga kesehatan yang profesional. Meski dari sisi jumlah, kita lebih sedikit dibanding tenaga kesehatan yang lainnya,” pungkasnya. (ZJA/LH)





















Pos terkait