Disparekraf Palopo Susun Ranperda Ripparda

  • Whatsapp
Ilham Hamid
4

PALOPO — Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Palopo saat ini tengah menyusun rancangan peraturan daerah (ranperda) Rencana Induk Pembangunan Pariwisata Daerah (Ripparda).

Ranperda yang disusun ini nantinya memuat beberapa poin penting dalam memajukan pariwisata yang ada di kota Palopo. Termasuk upaya meningkatkan iklim investasi di sektor pariwisata dan dunia hiburan.

Bacaan Lainnya

Kadis Parekraf, Ilham Hamid mengatakan ranperda ini nantinya menjadi pedoman pihaknya dalam memajukan sektor Pariwisata dan ekonomi kreatif di kota Palopo. “Ripparda ini akan menjadi yang pertama di Sulsel jika bisa selesai seperti yang kita harapkan. Kita upayakan, tahun depan sudah menjadi perda,” kata Ilham Hamid.

Ia menjelaskan secara rinci, jika ripparda masih dalam tahap penyusunan atau draft Ranperda yang sementara digodok di Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif kota Palopo. Ilham menargetkan, pekan depan draft Ranperda RIPPARDA ini bisa selesai di tingkat internal OPD yang ia pimpin.

“Masih sementara kita godok draftnya secara internal, nanti setelah selesai, kita bahas bersama dengan Bagian Hukum Setda Palopo, sebelum akhirnya diajukan di DPRD Palopo untuk kembali dibahas sebelum disahkan,” ujar Kadisparekraf Palopo melalui Kabid Destinasi-nya, Rivai, Senin 7 September 2020.

Ia menambahkan, draft RIPPARDA ini nantinya, tidak saja mengenai aksesibilitas pariwisata dan ekonomi kreatif yang ada di Palopo tetapi juga pengembangan kawasan wisata, meliputi wisata alam, budaya dan buatan tersebar di 9 kecamatan yang ada di kota idaman, yang berpenduduk kurang lebih 200 ribu jiwa ini. (asm)





Pos terkait