Ekspose RKPD 2020, Ini OPD yang Menerima Penghargaan Capaian Kinerja Terbaik

  • Whatsapp
63

LUTIM – Pemerintah Daerah Kabupaten Luwu Timur melalui Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan (Bapelitbangda) menggelar Rapat Ekspose Rencana Kerja Pemerintahan Daerah (RKPD) Tahun 2020 yang diselenggarakan di Aula Sasana Praja, Kantor Bupati Luwu Timur, Rabu, (10/02/2021).

Rapat Ekspose itu secara virtual dihadiri Wakil Bupati Luwu Timur, Irwan Bachri Syam, Sekretaris Daerah, H. Bahri Suli, para Kepala OPD, para Camat, kabag, kabid serta para unsur terkait lainnya.

Bacaan Lainnya

Plt. Kepala Bapelitbangda Luwu Timur, Dohri As’ari menyampaikan bahwa maksud dan tujuan Ekspose RKPD 2020 untuk menilai dan mengevaluasi pencapaian target rencana program dan kegiatan prioritas daerah sebagaimana tercantum dalam RKPD Tahun anggaran 2020 serta untuk memperoleh gambaran capaian target kinerja dan pendanaan, mengidentifikasi permasalahan RKPD Tahun 2020.

“Untuk realisasi anggaran Perubahan RKPD Tahun 2020, pencapaian Kinerja dan Realisasi Keuangan berada pada kategori Sangat Tinggi (ST) dengan realisasi anggaran sebesar 94,62%. Jika dibandingkan TA 2019 (94,41%), maka capaian kinerja dan realisasi keuangan di tahun 2020 sedikit lebih baik,” jelasnya.

Adapun beberapa permasalahan dalam pencapaian kinerja 2020 adalah pemberlakuan pergeseran anggaran dalam rangka refocusing pandemi Covid-19 yang menyebabkan rencana pendapatan daerah berubah, sehingga belanja daerah pun harus menyesuaikan.

“Prosedur tatanan baru untuk beradaptasi dengan covid-19 serta kepatuhan terhadap protokol kesehatan, melahirkan sistem bekerja dari rumah, pertemuan konsultasi, koordinasi serta peningkatan kapasitas yang tadinya bertatap muka, kini lebih banyak sifatnya daring, memberi dampak terhadap pencapaian kinerja program dan kegiatan,” tambahnya.

Adapun rekomendasi penyelesaian permasalahan yang timbul dalam RKPD 2020 menurut Dohri adalah setiap perangkat daerah mengoptimalkan fungsi pengendalian, monitoring dan evaluasi terhadap pelaksanaan program dan kegiatan sehingga lebih dini mendeteksi permasalahan yang timbul dan mencari jalan keluarnya. Diharapkan semua level memahami indikator kinerja masing-masing.

Irwan Bachri Syam, dalam arahannya terkait Ekspose RKPD Luwu Timur 2020 mengatakan bahwasanya pengendalian dan evaluasi merupakan hal yang tidak bisa dipisahkan dari perencanaan pembangunan daerah. Tujuannya adalah untuk menjamin keberhasilan pencapaian rencana pembangunan yang telah ditetapkan sebelumnya.

“Hari ini kita semua berkumpul untuk melihat dan mengetahui sampai dimana tahapan kita sekarang dan kemana tahapan tersebut akan berlanjut. Saya berharap kita bisa memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi kesejahteraan rakyat secara substansi dan terus berjuang mengembangkan kreativitas dan inovasi dengan memanfaatkan segenap potensi sumber daya yang ada guna mempercepat tujuan pemerintahan ke depan, baik dalam mencapai visi misi 2021 maupun dalam mencapai tujuan jangka panjang,” ungkapnya.

“Insya Allah kemungkinan hari ini adalah hari terakhir kita bersama-sama dalam rapat pemerintah daerah. Karena pada tanggal 16 Februari 2021, saya bersama almarhum HM Thoriq Husler telah mengakhiri masa jabatan di periode 2016-2021. Kami mengucapkan terima kasih banyak atas sumbangsih bapak dan ibu dalam melaksanakan dan mewujudkan program pemerintah daerah selama 5 tahun ini. Jika selama berinteriaksi ada hal-hal yang kurang berkenan, kami mohon maaf kepada seluruh Pimpinan OPD dan ASN. Insya Allah, semoga kita kembali dipertemukan di kesempatan lainnya” tambahnya.

Selain itu, Irwan Bachri Syam memberikan penghargaan kepada para Perangkat Daerah, Kecamatan dan Puskesmas yang memperoleh Capaian Kinerja Terbaik Tahun 2021 se-Kabupaten Luwu Timur.

Untuk Perangkat Daerah dengan Capaian Kinerja Terbaik Tahun 2021 :
Peringkat I: Dinas Pendidikan (Nilai 99,27)
Peringkat II: Dinas Lingkungan Hidup (Nilai 98,85), Peringkat III: Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan & Perlindungan Anak (Nilai 98,83)

Untuk Kecamatan dengan Capaian Kinerja Terbaik Tahun 2021 :
Peringkat I: Kec. Kalaena (Nilai 99,08)
Peringkat II: Kec. Wasuponda (Nilai 98,95)
Peringkat III: Kec. Burau (Nilai 98,37).

Untuk Puskesmas dengan dengan Capaian Kinerja Terbaik Tahun 2021 :
Peringkat I: Puskesmas Wasuponda (Nilai 97,67), Peringkat II: Puskesmas Malili (Nilai 91,70), Peringkat III: Puskesmas Kalaena (Nilai 91,47). (hms)

Pos terkait