FKJ Ajak CPNS Palopo Cinta Alam, Tanam 210 Pohon di Pegunungan Siguntu

  • Whatsapp
Penanaman pohon ini dilakukan dalam rangka pelatihan dasar yang digelar Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Palopo.
6

PALOPO -– Sebanyak 101 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 Palopo telah melakukan bakti sosial dengan menanam 210 bibit pohon di wilayah Siguntu Kelurahan Latuppa Kecamatan Mungkajang Kota Palopo, Kamis (10/9/2020).

Penanaman pohon ini dilakukan dalam rangka pelatihan dasar yang digelar Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Palopo.

Bacaan Lainnya

Mengawali pemberangkatan para peserta pelatihan dasar, Kepala BKPSDM Palopo, Farid Kasim Judas mengingatkan, kepada seluruh peserta untuk senantiasa mencintai dan memelihara lingkungan sekitarnya. “Kita tidak lakukan perpeloncoan di pelatihan dasar ini, tapi kita ingin CPNS ini bermanfaat kepada masyarakat Kota Palopo dengan menanam pohon di Siguntu agar kita terhindar dari banijir dan tanah longsor,” sebutnya.

Lurah Latuppa, Andi Monggang mengatakan, sangat mengapresiasi langkah yang telah diambil oleh BKPSDM bersama DLH yang telah memperhatikan lingkungan khususnya di Kelurahan Latuppa. “Seperti yang telah kita ketahui, bahwa di Siguntu ada tambang emas liar dan itu tentu dapat memberikan dampak buruk bagi masyarakat Kota Palopo apabila tidak ada antisipasi awal mencegah bencana alam,” katanya.

Olehnya itu, lanjut Monggang, dengan adanya kegiatan penanaman pohon ini bisa menjadi penanggulangan bencana ke depan untuk masyarakat Kota Palopo. “Saya mengucapkan terima kasih yang sebanyak-banyaknya kepada seluruh yang terlibat dalam kegiatan ini utamanya kepada Kepala BKPSDM yang telah menyetujui lokasi kami untuk ditanami pohon,” bebernya.

Adapun jenis pohon yang ditanam dalam kawasan hutan lindung ini yaktu pohon Mahoni sebanyak 150 batang, pohon Agatis 50 batang, dan pohon Eboni sebanyak 10 batang. Para peserta pun bersama Kepala BKPSDM dan panitia menyusuri jalan menuju lokasi tanam sepanjang 2,5 km dari kaki gunung Siguntu dan menyeberangi 5 sungai.(*)

Pos terkait