Gandeng LAN RI, Bimtek ANJAB ABK yang Digelar Oleh BKPSDM Luwu Bejalan Lancar

BKPSDM Luwu bekerjasama dengan LAN RI melaksanakan Bimtek Analisis Jabatan dan Beban Kerja (ANJAB) di Maxone Hotel Makassar.

MAKASSAR –Hari terakhir kerjasama Pemerintah Kabupaten Luwu dengan Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia (LAN RI) dalam melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Analisis Jabatan dan Beban Kerja (ANJAB) di Hotel Maxone Makassar berangsung dengan lancar

Di hari pertama Kamis (17/11) kegiatan Bimtek Anjab yang dibawakan oleh pasilitator dari LAN RI Makassar dengan beberapa materi secara umum UU ASN bertitik tolak dari semangat perubahan dalam kerangka Reformasi dan Birokrasi untuk mengukur terwujudnya tata pemerintahan yang baik dalam “Program Reformasi Birokrasi” untuk peningkatan Daya Guna, Hasil Guna, Transparansi dan Akuntabelitas penyelenggaraan pemerintahan. Maka diperlukan penataan Birokrasi yang baik, Terinci, Terukur dan Output Kerja yang jelas serta Alur Kegiatan, Standart Prosedur yang dapat dipertanggungjawabkan.

Bacaan Lainnya

Dan di hari kedua (2) Jum’at (18/11) peserta bimtek memasuki tahap pembelajaran praktik secara langsung dengan materi yang telah disampaikan para pasilitator sebelumnya yakni, cara penyusunan Anjab, Pengisian Foam, dan Evaluasi Pembelajaran. Dan di hari ke tiga (3) Sabtu (19/11) peserta fokus mempraktikkan cara pengisian formulir yang dipandu oleh pemateri dan didampingi oleh Irwan, S.Sos (Kabid pengembangan kompetensi aparatur dan penghargaan BKPSDM Luwu).

Setiap kegiatan tugas jabatan yang akan dilakukan harus berdasarkan pada tugas dan fungsi, wewenang, tanggungjawab, dan uraian tugas yang telah ditetapkan dalam Struktur Organisasi dan Tata Kerja (SOTK).

Bimtek ANJAB dan ABK merupakan proses pengumpulan, pencatatan, pengolahan dan pengkajian data jabatan menjadi informasi jabatan dalam rangka pendayagunaan aparatur pemerintah.

Sehubungan dengan hal tersebut, maka pemerintah Kab Luwu melalui BKPSDM bekerjasama LAN-RI Makassar menyelenggarakan Bimbingan Teknis Analisis Beban Kerja (ABK) dan Analisis Jabatan (ANJAB) sesuai dengan peraturan Menpan RB Nomor 1 tahun 2020 tentang Analisis Jabatan dan Analisis Beban Kerja bagi PNS di lingkungan instansi Pemerintah.

“Dalam rangka penguatan kapasitas aparatur pemerintah daerah khususnya di kabupaten Luwu diperlukan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam bentuk Pendidikan dan Pelatihan bagi pejabat struktural di daerah. Oleh karena itu dengan adanya suatu ANJAB atau analisis pekerjaan hal ini diperlukan untuk menempatkan pegawai yang tepat dengan diskripsi pekerjaannya” Ungkap Kabid Irwan kepada wartawan Teropong ditengah berlangsungnya kegiatan bimtek di Hotel MaxOne Makassar, Sabtu (19/11).

Sambung kabid Irwan, “Selain itu Anjab dapat diartikan sebagai suatu kegiatan untuk mempelajari dan menyimpulkan keterangan/fakta yang berkaitan dengan jabatan secara teratur dan sistematis. Sedangkan Teknik Anjab sendiri merupakan suatu bentuk proses dimana sejumlah pekerjaan yang dibagikan kepada aparatur untuk menentukan tugas dan tanggungjawab yang berkaitan dengan pekerjaan”

Tujuan analisis jabatan diantaranya adalah untuk menyediakan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas dalam menghadapi perkembangan ekonomi, untuk memecahkan masalah mengenai kepegawaian khususnya yang berkaitan dengan tugas yang harus dilakukan oleh pekerja pada tersebut.

“Bimtek Analisis Jabatan Bagi Pegawai Negeri Sipil Berkaitan dengan hal tersebut diatas, untuk meningkatkan pemahaman mengenai Analisis Jabatan (ANJAB) Bagi Pegawai Negeri Sipil maka kami akan mengadakan pelatihan di Bidang Materi Kepegawaian dengan tema, ‘Bimtek/Diklat Analisis Jabatan bagi Pegawai Negeri Sipil’,” Kunci Irwan.

Sementara, Asri Hasnapur Milov, S.AN, perwakilan Dinas Perdagangan kab. Luwu salah satu peserta Bimtek ANJAB ABK sangat bersyukur dan antusias mengikuti kegiatan ini.

“Saya sangat bersyukur bisa mengikuti kegiatan ini, banyak hal yang kami dapatkan dalam bimtek ini, selain itu, sambung dia lagi, silaturahmi kami antara OPD semakin harmonis” Ucapnya

Untuk diketahui peserta Bimtek ANJAB ABK sebanyak 66 orang yang terdiri dari 22 Kecamatan dan 34 OPD/Instansi Pemkab Luwu. dan peserta bimtek ini diikuti para pegawai pengelola Kepegawaian, bagian Umum, Analisis dan Hukum dari Instansi/OPD se-kabupaten Luwu.

Terut hadir dipembukaan, Awwabin (Inspektur inspektorat), Andi Palanggi (Kaban Bapemda), H. Muhammad (kadis Komimfo), Rudi Dappi (Kadis Pertanahan), Jumardin, drh (Sekdis Pertanian), Andi Patahilla (Kadis DLH), Moh Arsyal (Kaban Bappedalitbangda), Jumardi, S.Kom (kasubag Umum kepegawaian dan Hukum Dinkes), Yusriadi Runi, S.Sos (Sekdis UMKM), H. Kamal (Kaban Kesbangpol dan Linmas), Harmita (kasub Kepeg RSUD Batara Guru). (*)











Pos terkait