Ketua Ipmil Raya UKIP Makassar Usul Pembangunan Museum Budaya di Tana Luwu

  • Whatsapp
8

PALOPO — Luwu Raya yang meliputi Luwu, Palopo, Luwu Utara, dan Luwu Timur merupakan daerah kerajaan Luwu dan merupakan kerajaan tertua di Sulawesi Selatan.

Sebagai pemuda dari Tana Luwu, Fery yang juga ketua Ikatan Pelajar Mahasiswa Indonesia Luwu Raya Uki Paulus Makassar mengusulkan, selain pembentukan DOB Kabupaten Luwu Tengah yang merupakan perjuangan panjang, juga mengusulkan adanya museum budaya di Tana Luwu.

Bacaan Lainnya

Fery mengharapkan adanya peran pemda di Luwu Raya beserta kedatuan Luwu untuk menginisiasi pembangunan museum pusaka atau objek wisata dalam konsep budaya Tana Luwu yang terbuka untuk publik.

“Sebab banyak di antaranya kalangan muda milenial dan masyarakat tana luwu sekarang, sedikit melupakan akan budaya kita sendiri di tana luwu,” jelasnya Rabu (31/3/2021).

Melihat keadaan ini Fery menyampaikan, bahwa sudah seharusnya pemda dan kedatuan memberikan edukasi kepada para siswa-siswi pada sekolah menengah atas maupun menengah pertama, tentang pembelajaran sejarah dan budaya Luwu. Ini sebagai upaya agar para pemuda dan masyarakat tetap mengerti akan kultur budaya kita sebagai wija to Luwu.

Melansir informasi dari portal sebuah website, yang menyatakan bahwa naskah Sawerigading – I Laga Ligo adalah naskah terpanjang dalam peradaban yang melampaui naskah Mahabharata dan jelas ini adalah mahakarya dari Tana Luwu.

Fery juga meminta kepada kepala dinas pendidikan di Luwu Raya untuk memasukkan silabus pembelajaran tentang budaya dan sejarah tana luwu hingga perjuangan Andi Djemma.

“Kita masyarakat tana luwu yang kaya akan budaya yang begitu fantastis, sudah seharusnya dapat dieksplorasi dan di perkenalkan di publik, bukan hanya sekedar memperingati Hari Jadi dan Perjuangan, tetapi hari jadi dan perjuangan rakyat luwu perlu di tanamkan,” tutupnya. (rls)

Pos terkait