Lutim Bakal Gunakan Test GeNose untuk Deteksi Covid-19

  • Whatsapp
55

LUTIM – Kabupaten Luwu Timur bakal memberlakukan test genose dalam mendeteksi virus Covid-19. Langkah ini merupakan salah satu strategi yang digunakan Wakil Bupati Lutim, H. Budiman, dalam memutus mata rantai penyebaran covid-19 di daerah berjuluk Bumi Batara Guru ini.

Alat bernama GeNose C19 ini disebut dapat mendeteksi virus Corona (Covid-19) dengan cara mudah dan biaya yang murah. Alat yang dikembangkan oleh Universitas Gadjah Mada (UGM) ini mampu mendeteksi Covid-19 melalui embusan napas. GeNose bekerja mendeteksi Volatile Organic Compound (VOC) yang terbentuk karena adanya infeksi Covid-19 yang keluar bersama embusan napas ke dalam kantong khusus.

Bacaan Lainnya

Hal ini terungkap pada acara bertajuk ‘Total Action Anda Solution’ yang diselenggarakan secara virtual di rumah jabatan Bupati Lutim (06/03/2021), dengan menghadirkan sejumlah pakar di antaranya ; Prof. Dr. Edy Djuwito, Prof Dr Sumbangan Baja, Wakil Rektor II Unhas, Prof. Igg Adiwijaya, Andi Ilham Said, Prof. Rahman Kadir, Setyo Nugroho, Simintar Hadisiswoyo, Andi Erwin, Riza Wazdi. Acara ini dimoderatori H. Saldy Mansur yang juga mantan Wakil Bupati Luwu Timur.

Wakil Bupati Lutim, pada kesempatan tersebut menyampaikan apresiasi sekaligus menyambut baik kegiatan itu. Ia pun berharap dapat segera menerapkan test GeNose di Lutim untuk mendeteksi Covid-19 sehingga dapat memutus mata rantai penularannya.

“Selaku Pemerintah daerah, kami sangat mengapresiasi para guru yang hadir pada malam ini, Insya Allah kami menyambut baik kegiatan ini dan semoga segera dapat dilakukan penerapan GeNose guna memutuskan mata rantai covid19 di Kabupaten Luwu Timur,” terang Budiman.

Pada kesempatan ini, Budiman didampingi tim Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Luwu Timur, Kadis kesehatan, Hj. Rosmini Pandin, Kadis Kominfo, Masdin, Staf Ahli Hukum dan Pemerintahan, Kepala BPBD, Kadis pendidikan, Kasatpol PP dan Perwira Penghubung Lutim (ikp/kominfo)

Pos terkait