Malam Ini Gempa 4,4 SR Guncang Majene Sulawesi Barat, Warga Panik

  • Whatsapp
10

MAMUJU — Sebuah gempa berkekuatan 4,4 Skala Richter (SR) mengguncang Kabupaten Majene, Sulawesi Barat, Minggu (31/01/2021), sekitar pukul 20.13 WITA, malam ini. Pusat gempa berada di 45 kilometer perairan Majene dengan kedalaman 14 kilometer.

Gempa ini dirasakan oleh warga di sekitar Majene, Mamuju dan Polman. Gempa tersebut membuat sebagian warga panik. Bahkan, mereka beramai-ramai menuju ke ketinggian. Warga khawatir gempa akan menyebabkan gelombang tsunami.

Bacaan Lainnya

BMKG meminta kepada seluruh warga untuk tetap tenang. Gempa tersebut menurut BMKG tidak menyebabkan tsunami. Sebelumnya, pada Jumat 15 Januari lalu, terjadi gempa dengan kekuatan 6,2 SR.

Gempa ini menyebabkan korban jiwa sebanyak 105 orang meninggal dan ribuan orang mengungsi akibat kehilangan tempat tinggal. Sehari setelah gempa tersebut, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi akan terjadi banyak gempa susulan di wilayah Sulawesi Barat khususnya di Mamuju dan Majene.

Kepala Balai Besar BMKG Wilayah IV Makassar, Darmawan, meminta kepada warga untuk terus mewaspadai risiko dan kemungkinan terjadi gempa susulan. (*/adn)

Pos terkait