Pandemi, Puncak Peringatan HJL dan HPRL di Lutra Digelar Virtual

  • Whatsapp
58

LUTRA – Puncak peringatan hari jadi ke-753 Tana Luwu (HJL) dan hari perlawanan rakyat Luwu (HPRL) ke-75 akan dilaksanakan di Kabupaten Luwu Utara pada 23 Januari 2021 mendatang. Namun, tidak seperti tahun-tahun kemarin yang digelar meriah dengan berbagai parade kebudayaan, peringatan HJL/HPRL tahun ini akan dilaksanakan sederhana melalui video conference alias secara virtual. Mengingat saat ini masih dalam suasana pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung 10 bulan, dan belum menunjukkan adanya penurunan kasus.

Pandemi Covid-19 boleh menghilangkan kemeriahan HJL/HPRL, tapi tidak bisa menghilangkan semangat untuk tetap melaksanakan peringatan historis bagi rakyat Tana Luwu ini. Sekretaris Daerah Kabupaten Luwu Utara, Armiady, mengatakan, hajatan tahunan rakyat Tana Luwu harus tetap digelar meski dalam suasana pandemi Covid-19.

Bacaan Lainnya

Armiady mengatakan, ditunjuknya Luwu Utara sebagai tuan rumah HJL/HPRL adalah sebuah kehormatan, sekaligus amanah yang mesti dijalankan tanpa harus kehilangan momentum historis HJL/HPRL.

“Tahun lalu di Luwu Timur saya hadir mewakili Bupati, dan saya sendiri yang menerima bendera pataka sebagai tanda bahwa Luwu Utara siap menjadi tuan rumah HJL/HPRL. Dalam kondisi pandemi Covid-19, tentu akan berbeda cara memperingatinya. Tahun ini kita lakukan sederhana dan virtual, tapi tidak mengurangi makna dua peringatan hari bersejarah bagi masyarakat Tana Luwu ini,” tutur Armiady, saat memimpin Rapat Persiapan Peringatan HJL/HPRL, Kamis (14/1/2021), di Ruang Rapat Wakil Bupati Luwu Utara.

Kendati digelar virtual, tapi Datu Luwu dan perangkat kedatuan, serta Forkopimda se-Tana Luwu, tetap diundang hadir untuk mengikuti puncak peringatan HJL/HPRL di Masamba, yang akan dipusatkan di Aula La Galigo Kantor Bupati. Armiady juga mengungkapkan bahwa Gubernur Nurdin Abdullah dijadwalkan hadir di Luwu Utara.

“Seharusnya, pelaksanaan hari ulang tahun secara virtual ini bukan lagi kendala karena kita memiliki referensi pernah melaksanakan HUT Luwu Utara secara virtual juga,” imbuhnya.

Hal menarik lainnya, semua Kepala Perangkat Daerah akan mengikuti HJL/HPRL di ruang kerjanya. “Saya minta kepada semua yang masuk dalam kepanitiaan untuk mempersiapkannya mulai hari ini. Termasuk juga kepada Dinas Kominfo bersama Bagian Protokol untuk menata aula, menyiapkan undangan dan perangkat teknologi telekomunikasi interaktif untuk keperluan vicon agar memudahkan pengiriman audio dan video secara bersamaan tanpa ada kendala,” tandasnya. Dalam rapat ini juga menyepakati Kadis Kominfo, Arief R. Palallo, sebagai Ketua Panitia HJL/HPRL. (hms)

Pos terkait