Pemda Luwu Utara Bakal Adakan Bazar Pangan Murah, Catat Tanggalnya

Luwu Utara — Dalam rangka menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan, Badan Pangan Nasional menginstruksikan seluruh pemerintah daerah untuk memfasilitasi kegiatan Bazar Pangan Murah (BPM) di daerah masing-masing.

Olehnya itu, Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Luwu Utara sebagai fasilitator bakal menyelenggarakan Bazar Pangan Murah selama dua hari, mulai 10 – 11 Oktober 2022 mendatang.

Bacaan Lainnya

“Rapat ini untuk mendiskukan apa-apa yang perlu kita siapkan pada pelaksanaan Bazar Pangan Murah nanti,” ucap Plt. Kepala DPKP, Rusydi Rasyid, dalam Rakor Persiapan Pelaksanaan Bazar Pangan Murah, Rabu (5/10/2022) di Ruang Rapat Kantor DPKP.

“Makanya teman-teman yang diundang adalah Perangkat Daerah yang terkait langsung dengan kegiatan ini, karena kita butuh teman-teman sekalian,” sambung Rusydi.

Perangkat Daerah (PD) terkait yang dimaksud Rusydi adalah Dinas Pertanian, Dinas P2KUKM, Dinas P3AP2KB, Bagian Umum dan Perlengkapan, Dinas Kominfo-SP, serta Satpol PP.

BPM rencananya akan dilaksanakan di Halaman Kantor Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah, dari rencana sebelumnya di Halaman Rumah Jabatan Bupati Luwu Utara.

Sementara itu, Kabid Ketahanan Pangan DPKP, Silvia Yasin, mengatakan bahwa saat ini bahan pangan yang dipastikan akan diperjualbelikan dalam bazar nanti terdiri dari enam komoditas, seperti beras premium, gula pasir, minyak goreng, daging, cabe dan telur ayam.

“Jadi, teman-teman yang lain bisa juga menyiapkan bahan pangan lainnya, seperti dari DP2KUKM menyiapkan produk UMKM, atau kita punya rekan yang mau masuk, juga kita siapkan, silakan diajak.” imbuh, Silvia.

Pihaknya akan menyiapkan tenda 6 petak, 15 meja berukuran 2 meter, serta 50 kursi, sehingga para pedagang yang ikut dalam bazar nanti hanya membawa barang dagangannya.

Masih Silvia, selain jual-beli bahan pangan, pihaknya juga mempersilakan adanya jual-beli kuliner agar kegiatan bazar nanti dapat berlangsung lebih meriah.

“Jadi teman-teman lain bisa memasukkan kalau ada produk dari KWT, terus ada kelompoknya yang jual makanan, silakan, kita juga bisa jual di sana. Dengan catatan, segera didaftarkan supaya bisa didata secepatnya,” tambahnya lagi.

Bukan hanya itu, bazar ini juga akan memfasilitasi pasar ritel modern seperti Indomaret, Alfamart dan Alfamidi untuk memperdagangkan produk-produknya. Sesuai kegiatannya, Bazar Pangan Murah, berarti harga pangan yang diperjualbelikan akan lebih murah dibanding harga pasar.

Berikut perkiraan harga komoditi pada bazar mendatang ini :
1. Beras premium, 10.000/liter.
2. Minyak goreng, 14.000/liter
3. Daging sapi beku, 90.000/kg,
4. Gula pasir, 13.500/kg
5. Cabe, 35.000/kg
6. Telur ayam, 43.000/rak

Harga di atas kemungkinan masih akan berubah, namun dipastikan harganya akan lebih rendah dari harga pasar. (ZJA/LH)











Pos terkait