Penambang Emas Ilegal di DAS Suso, Latimojong ‘Menggila’, Mengeruk Sungai Tanpa Ijin

Lokasi penamabangan emas diduga ilegal di sungai Suso, Desa Kadundung, Kecamatan Latimojong, Kabupaten Luwu.

LUWU— Tambang emas diduga ilegal yang beroperasi di daerah aliran sungai Suso, Desa Kadundung, Kecamatan Latimojong Kabupaten Luwu ternyata hingga saat ini masih melakukan pengerukan tanpa mengantongi ijin resmi.

Di lokasi yang dimaksud, alat berat excavator yang melakukan pengerukan juga bertamba, yang sebelumnya hanya 1 hingga 2 unit, kini bertambah menjadi sekitar 10 unit.

Bacaan Lainnya
Dari pantauan di lokasi penambangan emas ilegal di Desa Kadundung, Kecamatan Latimojong, Kabupaten Luwu terlihat beberapa orang pekerja dan 3 alat berat excavator yang hanya berjarak 5 hingga 10 meter dari alat berat satu dengan yang lainnya.

“Sejak tanggal 28 Desember 2022, kegiatan tambang emas ilegal di aliran sungai Suso itu semakin aktif, bahkan hingga hari ini, alat berat yang digunakan untuk mengeruk sungai bisa mencapai 10 unit excavator,” kata salah seorang warga setempat.

Terpisah, Kepada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Luwu, Andi Fatahillah mengatakan, aktivitas di lokasi yang dimaksud hingga kini memang masih melakukan pengerukan dan penambangan emas secara ilegal.

“Ijinnya sampai hari ini belum keluar namun masih melakukan penambangan, kita juga sudah pernah meninjau lokasi itu, meminta agar aktifitas penambangan di sungai Desa Kadundung diberhentikan, tidak boleh ada aktifitas penambangan sebelum pengelola mengurus dan mengantongi izin resmi dari Provinsi,” katanya, Selasa (24/01/2023).

“Namun ternyata masih melakukan penambangan, kita juga sementara menunggu tim dari Provinsi untuk melakukan penertiban di lokasi itu,” tambahnya.

Dari pantauan di lokasi penambangan emas ilegal itu, terlihat beberapa orang pekerja dan 3 alat berat excavator yang hanya berjarak 5 hingga 10 meter dari alat berat satu dengan yang lainnya.

Di lokasi lainnya masih  dibantaran sungai Suso, terdapat tenda dan alat rakitan yang digunakan untuk proses pemurnian dan tenda, juga terlihat tiga unit alat berat excavator dan sebuah mobil double cabin berwarna hitam.

Sebelumnya diberitakan, tambang emas ilegal yang beroperasi di Desa Kadundung, Kecamatan Latimojong, Kabupaten Luwu itu berkedok Badan Usaha Dessa (Bumdes) bahkan tambang yang dimaksud sudah beberapa kali ditutup, namun tak berlangsung lama, tambang emas ilegal itu kembali beropersi. (fit)





















Pos terkait