Program TNI Manunggal Membangun Desa di Lutra Dimulai

LUTRA — Wakil Bupati Lutra, Suaib Mansyur menghadiri pembukaan upacara TNI Manunggal Membangun Desa Ke-115 Tahun Anggaran 2022 Kodim 1403 Palopo, Selasa,l (11/10/2022) di Lapangan Taman Siswa Masamba.

“Kalau kita melihat jumlah kebutuhan masyarakat akan pembangunan sangatlah tidak sebanding dengan kemampuan pemerintah untuk memenuhi semua baik tenaga waktu maupun anggaran. Oleh sebab itu, dibutuhkan dukungan dan partisipasi berbagai pihak termasuk TNI,” kata Suaib.

Bacaan Lainnya

“TNI manunggal membangun desa atau TMMD merupakan salah satu bentuk sinergitas antara TNI, pemerintah daerah, dan masyarakat. Program ini, dimaksudkan sebagai upaya percepatan pembangunan didaerah perdesaan dan sebagai langkah peningkatan pembangunan infratruktur dalam rangka peningkatan infrastruktur masyarakat,” tambahnya.

Suaib menjelaskan, kegiatan yang dilaksanakan ini meliputi kegiatan fisik berupa pembangunan bronjong di desa Toradda dan desa Patila, pembangunan talud di desa Mulyerejo, desa Pince Pute dan desa Mario serta pembangunan drainase di desa Mekar Jaya.

Selain itu juga dilaksanakan pembangunan non fisik berupa penyuluhan wawasan kebangsaan, bela negara dan pencegahan aksi terorisme serta penyuluhan stunting, pengobatan dan sunnatan massal yang dilaksanakan tanggal 10 oktober sampai dengan 10 november 2022 atau selama satu bulan.

“Melalui kegiatan TMMD ini kita berharap agar TNI mampu mengajak seluruh komponen masyarakat untuk senantiasa memiliki semangat gotong royong secara sukarela dalam setiap kegiatan yang dilaksanakan. Hal ini merupakan wujud persatuan dan kesatuan bangsa dalam bingkai NKRI sesuai tema TMMD kita kali ini yakni “dedikasi terbaik membangun NKRI”. Kita juga berharap berharap agar sinergitas dan solidaritas antara TNI dan pemerintah daerah serta masyarakat tetap terjaga, hasil dari kegiatan TMMD ini dapat dirasakan secara langsung oleh masyarakat,” katanya. (*)





















Pos terkait