PT. Masmindo Gelar Bakti Sosial Pemeriksaan Kesehatan Gratis dan Donor Darah, 35 Kantong Darah Berhasil Dikumpulkan

Meriahkan laga final Turnamen Masmindo Cup I 2022, PT. Masmindo gelar abakti sosial pemeriksaan kesehatan gratis bagi masyarakat Kabupaten Luwu dan aksi donor darah di Lapangan Andi Djemma Belopa. (Ft/Andi Fitria Kambau).

BELOPA— Perusahaan tambang emas,  PT. Masmindo Dwi Ares menggelar bakti sosial kesehatan dengan memberikan pelayanan kesehatan secara gratis kepada masyarakat. Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka memeriahkan laga final Turnamen Sepakbola Masmindo Cup I yang berlangsung di Lapangan Andi Djemma Beloa, Kamis 21 Juli 2022 kemarin.

Manager Community Development MDA, Rahmad Sabang mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan di lapangan Andi Djemma ini bekerjasama dengan pihak Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Batara Guru, dan bertujuan untuk memenuhi kebutuhan darah pada Unit Transfusi Darah (UTD).

Bacaan Lainnya

“Baksos Kesehatan ini bertujuan untuk memaksimalkan pengobatan dan kebutuhan darah bagi. Ada beberapa. Ini merupakan bentuk kepedulian PT. Masmindo terhadap masyarakat khususnya di Kabupaten Luwu,” katanya Jumat (22/07/2022).

“Dan tentunya untuk memeriahkan laga final Turnamen Masmindo Cup I 2022 yang sudah berlangsung Kamis kemarin,” tambah Rahmat.

Kordinator Lapangan (Korlap) UTD RSUD Batara Guru Belopa, Arfandi mengatakan dari aksi donor darah yang digelar oleh PT. Masmindo pihaknya telah menerima sebanyak 35 kantong darah baik itu dari masyarakat maupun dari pihak penyelenggara.

“Nantinya, darah yang sudah didonorkan ini akan digunakan untuk pasien yang membutuhkan di RSUD Belopa. Kemarin ada sekitar 78 peserta yang mendaftar, namun setelah dilakukan pemeriksaan, hanya 35 yang bisa ikut melakukan donor darah,” ungkapnya.

Senada dengan Kepala Ruangan (Karu) UTD RSUD Batara Guru Belopa, Alimuddin, mengatakan kebutuhan darah di RSUD Batara Guru Belopa semakin meningkat, sementara stok atau persiapan darah berkurang, meski pun tim donor darah rutin melakukan kegiatan donor darah di berbagai tempat di Kabupaten Luwu.

“Kebutuhan darah di kabupaten Luwu per bulannya mencapai 160 kantong, dan kita harus menyuplai darah ini untuk  3 Rumah Sakit (RS), di antaranya RS Hikmah, Klinik Berkah, bahkan dari Kabupaten Wajo, RS Siwa yang kadang mengambil darah di RS Batara Guru,” ucapnya.

Alimuddin berharap agar masyarakat Luwu senantiasa membantu untuk menyumbangkan darahnya kepada yang membutuhkan sebagai bakti sosial terhadap sesama.

“Kami juga berharap, masyarakat di Kabupaten Luwu ini untuk ikut berpartisipasi dalam membantu pihak RS Batara Guru agar stok darah selalu ada, dan kebutuhan pasien yang sifatnya urgent ini dapat terpenuhi,” tuturnya.

Bakti Sosial Pemeriksaan Kesehatan Gratis itu meliputi tes Kolesterol, Asam Urat dan Gul. (fit)





















Pos terkait