Rakhmat Kasjim Sosper Perlindungan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan

  • Whatsapp
Rakhmat Kasjim sosialisasi perda tentang peraturan daerah (perda) nomor 4 tahun 2014 tentang perlindungan lahan pertanian pangan berkelanjutan Minggu (13/9/2020).
64

PALOPO — Anggota DPRD Sulsel, Rakhmat Kasjim kembali menggelar sosialisasi perda (sosper) di daerah pemilihannya Minggu (13/9/2020). Wakil rakyat asal Partai NasDem itu sosialisasi tentang peraturan daerah (perda) nomor 4 tahun 2014 tentang perlindungan lahan pertanian pangan berkelanjutan.

Sosialisasi kali ini dilakukan di kelurahan Peta, kecamatan Sendana. Selain masyarakat sekitar, hadir juga lurah Peta, Baslan, babinsa serta pemateri yang juga dosen Universitas Andi Djemma, Idawati.

Bacaan Lainnya

Rakhmat Kasjim dalam kesempatan itu menyampaikan kedatangannya kali ini untuk menggelar sosper sekaligus silaturrahmi. Sekaitan dengan tujuan kedatangannya, ketua Hiswana Migas Palopo itu mengatakan lahan pertanian yang ada di kelurahan Peta punya potensi untuk terus dikembangkan secara berkelanjutan.

“Kita hadir bahwa ada dasar hukum pengelolaan lahan pertanian secara berkelanjutan. Lahan pertanian kita harus dijaga dan dimaksimalkan. Kalau di kota-kota, lahan pertanian sudah tergerus. Akhirnya pemerintah buatkan kita aturan. Jangan sampai nantinya lahan kita semua beralih fungsi,” kata anggota DPRD Sulsel yang duduk di Komisi A itu.

“Pemerintah mengatur, bagaimana perlindungan lahan kita bisa aman dan dinikmati anak cucu kita kelak. Ini dasar hukum yang harus kita pegang nantinya,” tambah dia.

Sementara itu, Idawati mencontohkan negara Singapura yang tidak ada lagi lahan pertanian, hanya didukung daya beli yang tiggi. “Jgangan smpai kita juga seperti itu karena tidak adanya aturan yang mengatur. Semua alih fungsi lahan ke non pertnian, contohnya perumahan. Lahan pertanian harus kita fungsikan untuk menghasilkan pangan kita,” katanya.

“Sebenarnya boleh saja dialihfungsikan, akan tetapi ada beberapa ketentuan, ketentuan itulah dimuat dalam perda ini. Contoh lain, terjadi bencana alam, boleh dialihfungsikan, tetapi juga harus ada kompensasinya,” tambah Idawati. (asm)

Anggota DPRD Sulsel, Rakhmat Kasjim kembali menggelar sosialisasi perda (sosper) di daerah pemilihannya Minggu (13/9/2020).




Pos terkait