Ribuan DPB Belum Cetak KTP Elektronik, Bawaslu Lutra Sarankan Stakeholder Bentuk Forum Koordinasi

Komisioner Bawaslu Luwu Utara, Ibrahim Umar saat menghadiri kegiatan koordinasi pemuktahiran DPB triwulan II. (Foto: Bawaslu Lutra)

Luwu Utara – Komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Luwu Utara (Lutra) Ibrahim Umar menghadiri forum koordinasi Pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan (PDPB) Triwulan II, di Soft Coffe, Kelurahan Kappuna, Kecamatan Masamba, Selasa 28 Juni 2022.

Dalam forum ini Ibrahim menyarankan untuk membentuk forum koordinasi PDPB yang melibatkan seluruh stakeholder, mulai dari tingkat pemerintah Desa/Kelurahan sampai pemerintah Kabupaten.

Bacaan Lainnya

“Forum seperti ini belum maksimal karena pergeseran data dan pergulatan data di setiap instansi itu berbeda. KPU, Dukcapil, BPS, pemerintah Kecamatan Desa/Kelurahan berbeda-beda caranya dalam melakukan pendataan,” kata Ibrahim dalam keterangannya (28/06/22).

Ibrahim menjelaskan pihak Bawaslu juga telah melakukan uji petik di beberapa kecamatan untuk mengecek data DPB dan telah menyerahkan ke KPU Luwu Utara untuk dicermati.

“Di Desa itu pangkalan data sangat lengkap. Terkait pergeseran data dari desa ada ketidak sinkronnya ke kecamatan. Sebab kalau kita mau faktualkan DPB di Desa itu sangat lengkap,” ujar Koordinator Divisi PHL Bawaslu Lutra ini.

Meskipun begitu dia menyadari sumber daya manusia merupakan sebagai salah satu kendala dalam data pemilih berkelanjutan ini, karena penyelenggara adhoc belum terbentuk.

“Terkait data, sejumlah 4.037 yang belum melakukan perekaman KTP Elektronik yang dipersentasikan, itu bukan hanya tanggung jawab dukcapil tetapi butuh soppor dan kerjasama kita semua,” tandasnya. (Rls)











Pos terkait