Sentra Bisnis Masamba Hidupkan UMKM

  • Whatsapp
57

LUTRA – Sejak diresmikan pemanfaatkannya oleh Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, di Hari Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 2020 kemarin, Sentra Bisnis Masamba seperti mendapat nafas tambahan untuk hidup kembali. Sentra Bisnis Masamba kini menjadi pusat perdagangan modern di kota Masamba. Di mana ada 200-an pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dapat berjualan di tempat tersebut.

Sejak bencana banjir bandang yang menerjang Masamba dan beberapa wilayah lainnya, UMKM menjadi salah satu sektor yang terdampak. Aktivitas pelaku usaha terhenti karena gerobak, tenda dan lokasi yang selama ini ditempati berjualan juga diterjang bencana banjir bandang. Namun, kondisi itu tak berlangsung lama. Pemda Lutra bergerak cepat dengan menyediakan Sentra Bisnis sebagai lokasi yang lebih baik bagi pelaku UMKM.

Bacaan Lainnya

UMKM kembali bangkit. Geliatnya kini terasa lebih hidup. Hal itu dibuktikan pada tiga hari terakhir pasca diresmikannya Sentra Bisnis Masamba. Kini, para warga mendapat tempat alternatif untuk menikmati berbagai kuliner khas Luwu Utara. Bupati Luwu Utara dalam halaman resmi facebook-nya menyampaikan ucapan syukur atas hidupnya kembali UMKM di Masamba pascabencana banjir bandang kemarin.

“Alhamdulillah, ada tempat baru gaess. Sejak diresmikan pada 17 Agustus, beginilah suasana Sentra Bisnis yang direkam Jumat (21/8/2020),” tulis Indah. Ia melanjutkan, sesuai rencana, tempat ini akan diisi 200-an UMKM untuk berjualan, termasuk yang sering berjualan di sepanjang jalur dua Rujab Bupati. “Kalau bingung ki Sabtu malam ta di mana, ayo ke Sentra Bisnis. Ini bisa jadi tempat nongkrong asyik sambil menikmati aneka kuliner,” tulis dia.

Meski begitu, orang nomor satu di Kabupaten Luwu Utara ini tetap mengingatkan agar seluruh pihak, dalam hal ini para penjual dan pengunjung Sentra Bisnis untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan, karena saat ini juga masih dalam masa pandemi covid-19. “Tapi ingat ki, tetap patuhi protokol kesehatan dengan memakai masker dan jaga jarak. Ayo, dukung UMKM kita agar bisa kembali bangkit dan terus maju,” tutup Indah. (hms)

Pos terkait