TNI-Polri Kawal Distribusi Vaksin Covid-19 di Lutra

  • Whatsapp
62

LUTRA – Pendistribusian vaksin Covid-19 di 17 fasilitas layanan kesehatan (faskes) Kabupaten Luwu Utara mulai dilakukan, Minggu (31/1/2021), oleh Pemerintah Kabupaten Luwu Utara melalui Dinas Kesehatan, dengan pengawalan ketat oleh aparat TNI dan Polri. 17 faskes ini adalah 15 puskesmas dan  dua rumah sakit yang ada di Luwu Utara.

Pendistribusian vaksin dibagi tiga zona. Zona I, Puskesmas Masamba, Puskesmas Sabbang Selatan, Puskesmas Sabbang, dan Puskesmas Baebunta. Zona II, Puskesmas Cendana Putih, Puskesmas Malangke, Puskesmas Malangke Barat, dan Puskesmas Lara I. zona III, Puskesmas Sukamaju, Puskesmas Wonokerto, Puskesmas Bonebone dan Puskesmas Tanalili.

Faskes pertama yang mendapat vaksin Covid-19 adalah Puskesmas Masamba. Vaksin yang disalurkan pada pukul 10.00 wita ini diserahkan Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Luwu Utara, I Komang Krisna, kepada Kepala Puskesmas Masamba. Kemudian vaksin akan dilanjutkan pada 1 Februari 2021, di 11 Puskesmas.

“Hari ini sudah mulai dilakukan (pengantaran vaksin), dengan pengawalan ketat aparat TNI-Polri untuk memastikan penyaluran berjalan aman dan lancar,” kata Komang, usai pendistribusian vaksin di Puskesmas Masamba. Vaksin ini diambil dari Gudang Farmasi Dinas Kesehatan yang telah disimpan di cold chain saat vaksin tiba pertama kali di Luwu Utara.

“Vaksin Covid-19 yang diterima Luwu Utara sebanyak 3.000. Tahap pertama akan diberikan kepada 1.566 tenaga kesehatan sebagai prioritas pertama. Sisanya, akan diberikan kepada aparat TNI-Polri, ASN, dan masyarakat umum lainnya,” terang Komang. Sekadar diketahui, pencanangan vaksinasi Covid-19 akan dilakukan pada Senin, 1 Februari 2021. (hms)

Pos terkait