Wali Kota Palopo: Tanpa Toleransi, Tidak Ada Kerukunan

  • Whatsapp
Walikota Palopo HM Judas Amir selaku inspektur upacara menyampaikan, Kementerian Agama di usia 75 tahun menjadi momentum untuk menebalkan niat dan motivasi dalam mencapai yang lebih baik lagi dimasa mendatang.

PALOPO – Kementerian Agama Kota Palopo melaksanakan upacara Peringatan Hari Amal Bakti (HAB) Ke-75 Kementerian Agama Republik Indonesia yang dilaksanakan di Aula Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Palopo, Selasa (5/1/2021).

Sambutan seragam Menteri Agama RI yang dibacakan oleh Walikota Palopo HM Judas Amir selaku inspektur upacara menyampaikan, Kementerian Agama di usia 75 tahun menjadi momentum untuk menebalkan niat dan motivasi dalam mencapai yang lebih baik lagi dimasa mendatang.

Bacaan Lainnya

Peringatan Hari Amal Bakti tahun ini mengusung tema “Indonesia Rukun” hal ini sejalan dengan semangat nasional yang menempatkan kerukunan umat beragama sebagai salah satu modal bangsa ini untuk maju.

Pengembangan toleransi dan kerukunan antarumat beragama merupakan karya bersama para tokoh agama, para Menteri agama dan Aparatur Kementerian Agama dari masa ke masa.

Tanpa toleransi, tidak ada kerukunan, toleransi dan kerukunan antarumat beragama dilakukan dengan tanpa mengusik akidah dan keimanan masing-masing pemeluk agama.

“Pengalaman membuktikan toleransi dan kerukunan tidak tercipta hanya dari satu pihak sedangkan pihak yang lain berpegang pada hak-haknya sendiri, kita mengembangkan moderasi beragama agar toleransi dan kerukunan yang sudah ada lebih mengakar di dalam kehidupan sehari-hari,” papar Judas.

Semangat Kementerian Agama baru itu dapat diterjemahkan dengan beberapa kunci. Pertama, manajemen pelayanan dan tata kelola birokrasi yang harus semakin baik, termasuk didalamnya pelayanan penyelenggaraan haji dan umrah, pendidikan agama dan keagamaan serta pelayanan keagamaan.

Kedua, penguatan moderasi beragama seperti penguatan literasi keagamaan, budaya toleransi dan nilai-nilai kebangsaan. Ketiga, persaudaraan yang meliputi merawat persaudaraan umat seagama, memelihara persaudaraan sebangsa dan se tanah air dan mengembangkan persaudaraan kemanusiaan.

Acara ini dlanjutkan dengan penerimaan penghargaan tanda kehormatan Satyalancana Karya Satya dilingkungan kantor Kementerian Agama Kota Palopo.

Adapun penerima penghargaan tersebut diberikan sebanyak 20 orang yang diserahkan secara simbolis oleh Judas Amir, MH kepada setiap perwakilan.
Setelah pelaksanaan upacara Peringatan Hari Amal Bakti (HAB) Ke-75 Kementerian Agama Republik Indonesia, dilanjutkan dengan Ramah Tamah di lingkungan Kementerian Agama Kota Palopo.

Pada Kesempatan itu, Kepala Kemenag Kota Palopo Dr. H. M. Rusydi Hasyim, M.Ag menyampaikan pelaksanaan Peringatan Hari Amal Bakti hari ini sangat berbeda dengan tahun sebelumnya karena saat ini kita masih menghadapi pandemi Covid-19.

Kementerian Agama Kota Palopo akan terus bersinergi bersama Pemerintah Kota Palopo dalam membangun kota Palopo ke depan agar lebih baik dengan terus memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat. (*)

Pos terkait