11 Rumah Warga Terendam Banjir di Maroangin, TRC BPBD Palopo Bersihkan Saluran yang Tersumbat

  • Whatsapp
Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Palopo juga langsung terjun ke lokasi. Mereka membersihkan saluran air yang tersumbat.
10

PALOPO — Banjir merendam beberapa titik di kelurahan Maroangin kecamatan Telluwanua Kamis (10/9/2020). Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Palopo juga langsung terjun ke lokasi. Mereka membersihkan saluran air yang tersumbat.

Kepala BPBD Palopo, Anthonius Dengen yang dikonfirmasi membenarkan adanya peristiwa itu. Anthonius membeberkan, berdasarkan laporan dari Lurah Maroangin, sebanyak 11 rumah di lingkungan Kunnu RW 3 termasuk rumah dinas SDN 18 Maroangin ikut terendam.

Bacaan Lainnya

“Penyebab banjir akibat hujan deras ditambah luapan air dari irigasi pertanian. Apabila pintu air di bendungan Jenneberang Kelurahan Jaya tidak tertutup ketika hujan deras, maka debit air sungai Battang dan sungai Paggala yang masuk ke saluran irigasi naik, ditambah luapan air hujan dari gunung, secara otomatis masuk ke saluran irigasi sehingga menyebabkan rumah warga terendam,” jelas Anthonius.

Selain itu, di RT 01 RW 03 Maroangin, terdapat saluran irigasi yang terputus beberapa meter sehingga air dengan mudah meluap ke rumah dinas SDN 18 Maroangin dan ke rumah warga. (asm)





Pos terkait