2 Dusun Daerah Terpencil di Lutra Kini Nikmati Air Bersih

  • Whatsapp
60

LUTRA – Penuhi kebutuhan air bersih masyarakat desa di wilayah pegunungan, Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, meresmikan program air bersih di Dusun Kariango Desa Malimongan Kecamatan Seko Kabupaten Luwu Utara.

Usai menggunting pita sebagai tanda diresmikannya sarana air bersih, Indah didampingi Kepala Dinas PUPR, Suaib Mansur pun mengecek kualitas air bersih dengan mencoba langsung air dari kran di rumah warga.

Bacaan Lainnya

“Airnya bersih tidak berwarna, tidak berasa, dan tidak berbau. Semoga dengan masuknya air bersih di dusun ini kesehatan masyarakat lebih terjamin dan kami berharap apa yang sudah ada tolong dijaga dengan baik,” ujar Indah usai peresmian air bersih yang juga menjadi salah satu rangkaian kunjungan kerja pemantauan bantuan sosial hari ketiga di Kecamatan seko, Senin (1/6/2020) lalu.

Selain program air bersih, Pemerintah Kabupaten Luwu Utara di hari yang sama juga meresmikan Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) di Desa Beroppa, Kecamatan seko.

Kepala Dinas PUPR, Suaib Mansur menjelaskan, dua program tersebut direalisasikan guna memenuhi kewajiban pemerintah dalam pemenuhan kebutuhan infrastruktur khususnya air.

“Hari ini ada dua yang diresmikan, satu di Dusun Kariango Desa Malimongan dan Dusun Kampung Baru Desa Beroppa. Hal ini tidak lain untuk memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat yang selama ini hanya mengandalkan sumber mata air dengan alat seadanya. Dan untuk pemeliharaan dan perawatannya, dibutuhkan partisipasi dari masyarakat di desa, harapannya agar bisa terjaga dengan baik,” ungkap Suaib.

Diketahui, Program Air Bersih di Desa Malimongan sendiri dialokasikan melalui Dana Alokasi Khusus tahun 2019. Sementara Program Pamsimas Desa Beroppa dialokasikan melalui APBN, APBD, serta swadaya berupa tenaga maupun lahan masyarakat. (hms)

Pos terkait