Apa Kabar Wakil Bupati Luwu Timur? Hampir Setahun Budiman Hakim Tanpa Pendamping

Ilustrasi calon wakil bupati

MALILI — Bupati Luwu Timur, Budiman Hakim, sudah hampir satu tahun ini tanpa pendamping alias wakil bupati Luwu Timur. Ia dilantik oleh Gubernur Sulsel pada 5 April 2021 lalu.

Sejumlah partai pengusung sudah mengajukan nama. Hanya saja, hingga saat ini belum diketahui secara pasti kapan wakil bupati akan dipilih di DPRD Luwu Timur. Beberapa waktu lalu telah dibentuk Panitia Khusus (Pansus) DPRD untuk pemilihan wakil bupati.

Bacaan Lainnya

Setelah itu, DPRD kemudian membentuk Panitia Pemilihan (Panli) pada Desember 2021 silam. Anggota Panli, Leonard Bonga, yang dimintai tanggapannya mengaku panitia baru akan menyusun jadwal kerja.

” Rencananya, minggu depan panli akan rapat menyusun jadwal kerja. Untuk selanjutnya, dibuka pendaftaran,” kata legislator PDIP itu saat dihubungi via WhatsApp, Sabtu (05/03/2022).

Dalam undang-undang disebutkan bahwa penyelenggara pemerintahan ditingkat daerah adalah bupati dan wakil bupati. Tugas utama wakil bupati adalah melakukan pengawasan. Dengan tidak adanya wakil bupati maka jalannya pemerintahan akan pincang.

Saat ini, sejumlah partai pengusung sudah mengajukan nama. Dari Golkar ada nama Taqwa Muller, Puspita Husler, Andi Rio dan lainnya. Sementara PAN mengajukan Usman Sadik. Partai Hanura juga mengusulkan nama Rully Heriawan. (adn)



Pos terkait