Besok, Atlet Dayung Asal Palopo Berlaga di Final Sea Games Vietnam

Nurtang, atlet nasional dayung asal kota Palopo.

VIETNAM — Atlet nasional asal kelurahan Ponjalae Kecamatan Wara Timur Kota Palopo, Nurtang akan tampil di babak final cabang olahraga dayung dalam lanjutan Sea Games 2021.

Nurtang akan tampil bersama rekannya di Thuy Nguyen Hai Pong Aquatic Center, Hai Phong, pada Rabu (11/5/2022) besok.

Bacaan Lainnya

Hal itu disampaikan pengurus Dayung kota Palopo, Jody. Ia mengatakan, Nurtang dkk akan tampil di nomor 4 pedayung scull putri kelas ringan (57kg) jarak 2.000 meter.

“Hari ini, Nurtang juga berlomba lagi penyisihan di nomor single scull open putri jarak 2.000 meter. Mohon doa dan dukungannya,” kata Jody.

Sebelumnya, tim dayung Indonesia sudah melalui babak awal alias preliminary di Thuy Nguyen Hai Pong Aquatic Center, Hai Phong, Senin (9/5/2022).

Mereka tampil di tiga nomor, yakni quadruple sculls putri, lightweight double sculls putra, dan double sculls putra.

Namun, tim Merah Putih belum tampil maksimal saat preliminary round cabor dayung SEA Games 2022.

Di nomor quadruple sculls putri, Dewi Purwanti, Maslin Efrilia, Annisa Meilani Yahya, dan Putri Agni Anugrah, finis di peringkat ketiga dengan catatan waktu 9 menit 8 detik.

Sementara, tuan rumah Vietnam membukukan waktu 7 menit 27,11 detik sekaligus menjadi yang tercepat. Mereka disusul Filipina yang membukukan catatan waktu 10 menit 65 detik.

Di nomor lightweight double sculls, Ardi Isadi dan Kakan Kusmana membukukan Catatan waktu 6 menit 33,96 detik di urutan tiga.

Mereka lebih lambat dari Filipina (6 menit 22,18 detik) dan Vietnam (6 menit 28,01 detik).

Adapun pada nomor double sculls putra yang dimotori Sulpianto dan Memo, tampil tercepat dengan catatan waktu 7 menit 12,89 detik.

Mereka disusul Vietnam dengan 7 menit 14,34 detik serta Thailand dengan 7 menit 25,17 detik.

Manajer dayung Indonesia Budiman Setiawan menyatakan bahwa pihaknya memang tak memberikan target khusus untuk para atlet di preliminary.

Ia hanya ingin para atlet bisa menguasai medan venue, sehingga pada final nanti bisa tampil maksimal.

“Preliminary ini kan hanya menentukan lintasan. Jadi kami sengaja menyuruh anak-anak tidak tampil all-out,” kata Budiman dalam rilis NOC Indonesia, Selasa (10/5/2022).

Sementara itu, CdM tim Indonesia untuk SEA Games Ferry Kono berharap atlet-atlet rowing Indonesia bisa mendapatkan aklimatisasi maksimal, sehingga mereka dapat menyumbangkan medali terbaik bagi Merah Putih.

“Semoga atlet-atlet kita di cabang olahraga rowing dapat dengan cepat memelajari venue di sana dan beradaptasi dengan medan pertandingan,” ucap Ferry. 

“Kami yakin kalian mampu dan semoga kalian dapat tampil terbaik, terutama ketika menjalani babak final pada 11 Mei nanti,” kata Ferry. 

“Dalam games seperti ini memang tim pelatih dituntut pintar mengatur strategi, sehingga lawan juga meraba-raba kekuatan kita,” tutur Ferry.

Tim dayung Indonesia akan menjalani laga final pada Rabu (11/5/2022) waktu setempat. (*)















Pos terkait