Buka Pekan UMKM 2022, Bupati Luwu : Butuh Kolabirasi Untuk Tingkatkan Daya Saing

Bupati Luwu, Basmin Mattayang,menyampaikan sambutannya pada pembukaan Pekan UMKM 2022, Senin (03/10/2022) kemarin. (Ft/Diskominfo Luwu)

BELOPA – Pemerintah Kabupaten Luwu kembali menggelar Pekan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tahun 2022. Kegiatan ini dipusatkan di poros jalur 2 Belopa, depan Kantor Bupati Luwu, Kelurahan Senga Kecamatan Belopa, (3/10/2022)

Bupati Luwu, Basmin Mattayang yang secara resmi membuka kegiatan UMKM 2022 itu dalam sambutannya menyampaikan 3 hal , yang merupakan arahan dari Presiden RI dalam menghadapi gejolak ekonomi saat ini.

Bacaan Lainnya

“Ada 3 hal yang menjadi arahan Bapak Presiden pada pertemuan di Jakarta. Pertama adalah seluruh Kepala Daerah mulai dari Gubernur, Bupati dan Walikota beserta jajarannya agar berusaha untuk menekan inflasi yang terjadi sebagai dampak dari kenaikan BBM,” katanya.

Arahan kedua yaitu berusaha memberikan pemahaman kepada masyarakat agar mencintai produk lokal dalam negeri terutama hasil karya pelaku UMKM dan yang ketiga adalah menindak lanjuti dampak krisis ekstrem akibat dari pandemi covid-19.

“Untuk menjalankan ketiganya, maka Bapak Presiden meminta semua pihak, baik itu dari pemerintah daerah, unsur forkopimda, BUMN, BUMD dengan tupoksinya masing-masing agar melakukan kolaborasi untuk meningkatkan perekonomian masyarakat terutama meningkatkan daya saing bagi pelaku UMKM”, ungkapnya.

Sementara, Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Luwu yang bertindak selaku Ketua Panitia Pelaksana, Ahyar Kasim menjelaskan bahwa Pekan UMKM telah menjadi agenda tahunan Pemerintah Kabupaten Luwu.

“Tujuannya sebagai sarana yang sangat baik untuk melakukan promosi dan unjuk kreasi para pelaku UMKM, memperluas jaringan pemasaran, pengembangan kreativitas serta menambah wawasan dan informasi bagi pelaku UMKM Kab. Luwu yang selama pandemi Covid-19 mengalami keterpurukan serta mengimbangi terjadinya inflasi akibat kenaikan harga BBM saat ini”, Jelas Ahyar Kasim.

Pembukaan Pekan UMKM 2022 itu juga dihadiri oleh unsur forkopimda, Sekda, para kepala OPD, Camat dan Kepala Desa. (rls/fit)











Pos terkait