Dinas Perdagangan Palopo Awasi LPG Melalui Layanan Klasi Molek

  • Whatsapp
Kadis Perdagangan kota Palopo, Zulkifli Halid.
9

PALOPO — Dinas Perdagangan kota Palopo memiliki program yang diberi nama Klinik Layanan Siaga Monitoring LPG 3 KG atau disingkat dengan Klasi Molek.

Layanan ini sudah berjalan sejak tiga tahun terakhir. Kepala Dinas Perdagangan Kota Palopo, Zulkifli Halid mengungkapkan, persoalan LPG di Palopo selama ini dianggap rentan terjadi di tengah masyarakat khususnya dalam hal kelangkaan.

Bacaan Lainnya

“Kadang langka, tidak hanya itu, masyarakat juga kadang menjerit karena harganya naik. Untuk itu, pihak perdagangan berinisiasi membuat layanan pengaduan,” katanya belum lama ini.

Dijelaskan Zulkifli, masyarakat yang akan mengadu dan memberikan masukan bisa langsung menghubungi layanan pengaduan di Dinas Perdagangan. “Kalau ada masalah, silakan sampaikan langsung ke kami,” katanya.

Zulkifli menjelaskan, LPG 3 Kg adalah salah satu komoditas sektor migas yang di produksi oleh PT Pertamina yang diberikan subsidi oleh pemerintah agar masyarakat pengguna minyak tanah dapat beralih menggunakan LPG.

“Penggunaan LPG sebagai pengganti minyak tanah, selain bisa mengurangi beban pengeluaran keluarga miskin, juga bisa menekan subsidi BBM yang selama ini ditanggung oleh APBN,” katanya.

Pada pendistribusiannya di lapangan, LPG 3Kg seringkali mengalami kelangkaan. Masyarakat mengeluhkan keterbatasan LPG 3Kg diseluruh Indonesia. Karena kelangkaan tersebut, maka masyarakat sulit untuk mendapatkannya.

“Guna memonitoring pendistribusian LPG 3Kg, Dinas Perdagangan Kota Palopo mengadakan program ini yang bertujuan untuk menjaring aspirasi dan pengaduan mengenai distribusi LPG 3 Kg dan segala permasalahannya,” tandasnya. (asm)

Pos terkait