Dinilai Tidak Profesional, FORKI Palopo Komplain Keputusan Wasit Porprov Sinjai-Bulukumba

Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia (FORKI) Palopo memprotes keputusan wasit pada pertandingan kelas kata perorangan putra yang digelar pada Minggu, 23 Oktober 2022.

SINJAI— Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia (FORKI) Palopo memprotes keputusan wasit pada pertandingan kelas kata perorangan putra yang digelar pada Minggu, 23 Oktober 2022. Tidak hanya itu, wasit pertandingan juga dinilai tidak profesional.

Kepala pelatih Karate-do Palopo, Ismail Aswar kepada media di area venue karate-do, Sinjai, Minggu 23 Oktober 2022, mengatakan keputusan wasit ini sangat merugikan atlet yang bertanding, dan dinilai tidak siap melaksanakan pertandingan.

Bacaan Lainnya

Kepala Pelatih dan Official Karate-do Palopo melihat  secara kasat mata yang di nonton di layar televisi yang disiapkan panitia pihak lawan dari tuan rumah sangat jelas melakukan kesalahan dengan kondisi goyang saat melakukan kuda-kuda pada pertandingan di kelas kata putra perorangan.

“Kami sudah komplain ke dewan wasit terkait itu, bahkan sejak awal kita sampaikan jangan pasang wasit yang tidak profesional. Kami tim pelatih dan official meminta di pertandingan selanjutnya untuk evaluasi wasit. Memang secara kasat mata kita di atas lawan. ketika ada kondisi atlet goyang saat kuda-kuda pengurangan poinnya tinggi tetapi pihak atlet tuan rumah, Sinjai tak ada sanksi untuk itu dan atlet kami merasa dirugikan,” katanya, Minggu (23/10/2022).

Mirisnya ketika komplain kepada dewan wasit, dan saat diminta Video pertandingan dewan wasit menolak untuk mereview video tersebut sebagai pembuktian.

“Seharunya video kamera bisa kita review, bisa kita protes tetapi pihak penyelenggara malah menolak untuk mereview video pertandingan,” tambahnya.

Sementara pada round pertama, tim Palopo berada di urutan kedua di atas soppeng dengan perolehan poin 22,54 Sopppeng dan 22,40 Palopo.

Diketahui pada Pekan Olahraga Provinsi (Proprov) Sulawesi Selatan ke XVII yang diselenggarakan di Kabupaten Sinjai, Kota Palopo mengutus sebanyak 12 orang atlet Karate. Dari 11 kelas yang dipertandingkan, kelas kata perorangan putra, atlet karate Palopo saat berhadapan dengan tuan rumah Sinjai untuk merebutkan medali perunggu, keputusan wasit merugikan atlet Palopo yang saat itu bertanding. (*)Berit











Pos terkait