Gubernur NA Berlakukan Surat Bebas Covid, Adnan IYL Usul Perda Wajib Masker Cegah Corona di Sulsel

  • Whatsapp
Nurdin Abdullah dan Adnan IYL
5

MAKASSAR — Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah, akan memberlakukan surat bebas covid bagi warga yang akan melintas akan bupaten di Sulsel. Bukan saja di Makassar tetapi seluruh daerah di Sulsel. Ini untuk mencegah dan mengurangi penyebaran Korona.

Hal ini disampaikan Gubernur Sulsel pada pembukaan acara Rapat Koordinasi Pengawasan Daerah Akuntabilitas Percepatan Penanganan Covid 19 se Sulsel tahun 2020 di Ruang Rapat Pimpinan Kantor Gubernur Sulsel, Selasa 30 Juni 2020.

Bacaan Lainnya

Namun, Bupati Gowa, Adnan Purichita Ichsan, punya cara lain. Ia mengusulkan seluruh kabupaten/kota di Sulawesi Selatan untuk mengodok Peraturan Daerah (Perda) Wajib Masker sebagai upaya memperkuat penanganan dan pencegahan penyebaran Covid-19 di Sulawesi Selatan.

“Saya berharap bapak gubernur mendorong seluruh kabupaten/kota untuk membuat peraturan daerah berkaitan dengan wajib masker dan juga penerapan new normal di daerah masing-masing,” katanya.

Adnan mengatakan, dengan hadirnya perda sebagai payung hukum sebuah aturan dapat memberikan kedisiplinan bagi masyarakat untuk taat dan disiplin.

Peningkatan kasus Covid-19 di Sulsel yang semakin tinggi dikarenakan masih banyaknya masyarakat yang belum disiplin mengikuti protokol kesehatan seperti penggunaan masker.

Sehingga, kehadiran Perda Wajib Masker ini akan menjadi payung hukum bagi masyarakat termasuk petugas agar lebih tegas dalam mendisiplinkan masyarakat yang menggunakan masker ataupun tidak menerapkan protokol kesehatan.

“Semoga dengan cara ini kita bisa memutus dengan cepat mata rantai penularan Covid-19 di Sulsel secara keseluruhan. Kabupaten Gowa sendiri sudah mengeluarkan perbup wajib gunakan masker,” kata Adnan. (adn)



Pos terkait