PALOPO – Perusahaan Air Minum Tirta Mangkaluku (PAM-TM) Palopo melakukan sosialisasi layanan kepada siswa SMA/sederajat di Kota Palopo. Kegiatan ini dalam rangka memperingati hari air sedunia.
Sosialisasi layanan ini dirangkaikan buka puasa bersama (Bukber) di laksanakan di Kafe Solata, Selasa (02/04/2024)
Dalam giat ini, adapun selaku narasumber yaitu Manajer Distribusi, Akbar Hadis dan Manajer Hubungan Langganan Andi Murni. Sedangkan giat ini dipandu oleh Novitasari Basmin.
Manajer Distribusi Akbar Hadis memaparkan tentang layanan yang ada di Perumda Tirta Mangkaluku Kota Palopo mulai dari pengolahan air baku hingga siap digunakan dan di konsumsi.
“Perumda ini kami mempunyai 5 sumber air baku yaitu Sungai Latuppa, Sungai Mangkaluku (di depan Asera), Sungai Bambalu di Jl Poros Palopo-Toraja, Sungai Magadang di Perumnas, dan Sungai Batupapan di Kelurahan Padang Lambe,” kata Akbar dalam keterangannya dikutip, Rabu (03/04/2024.
Menurut Akbar, adapun 5 aliran suangi ini menjadi sumber air baku PAM Tirta Mangkaluku Palopo yang diolah atau didistribusikan atau dialirkan ke rumah pelanggan melalui sistem perpipaan.
Lebih lanjut Akbar menjelaskan di sungai, Perumda TM punya intake atau penangkap air baku. Inilah yang mengalirkan ke instalasi pengolahan air limbah.
Di dalam pengolahan air kurang lebih ada 6 proses di dalamnya sampai didistribusi ke rumah pelanggan.
“Untuk membunuh bakterinya itu masih menggunakan kaporit. Setelah diolah melalui filter kami tampung di dalam reservoir lalu didistribusi ke rumah rumah pelanggan,” jelasnya.
Akbar pun menjelaskan penyebab terjadinya air macet itu ada dua masalah, yakni banjir atau perbaikan pipa.
“Kenapa kalau banjir pdam macet airnya ? Jadi kalau banjir di Sungai Latuppa atau lainnya keadaan airnya berlumpur dan keruh. Ini sampai 30 ribu NTU sedangkan menurut Balitbang PUPR pengolahan air baku hanya mampu sampai seribu NTU. Tapi Perumda TM mampu mengolah sampai 5 ribu NTU, kalau di atasnya itu sudah tidak mampu,” tandasnya.
Sementara, Manajer Hubungan Langganan Andi Murni menyampaikan ketika ada keluhan pelanggan dapat langsung menghubungi call center Perumda TM.
“Ketika ada gangguan air terjadi bisa kita sampaikan aduan ke call center pdam bagian pengaduan. Solusinya kami bisa hadirkan armada tangki. Dan Baiknya masing masing rumah ada penampungan air, jadi begitu airnya off kita ada stok air,” jelasnya. (rls/jhn)