Ingin Kutai Timur Raih Adipura, Ini Pesan Wakil Ketua DPRD Kutai Timur ke DLH

Wakil Ketua DPRD Kutai Timur, Arfan.

KUTIM – Adipura merupakan penghargaan bagi daerah di Indonesia yang berhasil dalam kebersihan serta pengelolaan lingkungan. Jika di suatu daerah meraih penghargaan itu, sudah tentu daerah tersebut sangat baik dalam menjaga kebersihan.

Lantaran hal itu, Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kutai Timur (Kutim), Arfan menginginkan Kutim meraih Adipura. Hanya saja, dibutuhkan kerja keras semua pihak agar Adipura dapat diraih.

Bacaan Lainnya

Salah satu permasalahan yang dialami Kutai Timur untuk mendapatkan Adipura adalah TPA. Untuk itu, Arfan mengapresiasi upaya DLH dalam memindahkan TPA itu.

Menurutnya, keberadaan TPA tersebut mengganggu masyarakat sekitar. Bukan hanya tak enak dipandang, juga mengeluarkan bau busuk.

“Dengan pemindahan TPA itu, kami harap persoalan sampah bisa teratasi. Selain itu, bisa membantu Kutai Timur dalam meraih Adipura,” tuturnya.

Selain itu, dia juga meminta DLH untuk mengedukasi masyarakat agar membuang sampah pada tempatnya. Sebab, sampah menjadi faktor terpenting dalam penilaian Adipura.

Selain itu, membuang sampah pada tempatnya turut membantu menciptakan lingkungan yang sehat.

“Bantu masyarakat untuk hidup sehat. Jadi bukan cuma olahraga saja membuat sehat, tapi juga soal penanganan sampah yang baik juga,” kata Arfan.

“Medianya bisa melalui sosialisasi atau beragam cara. Mengedukasi masyarakat membuang sampah pada tempatnya juga merupakan upaya menjaga kesehatan masyarakat,” sambungnya.

Arfan juga menyinggung soal alat angkut sampah. Dia mengatakan pihaknya akan berupaya membantu DLH dalam menangani persoalan sampah tersebut.

“Saya kira tidak ada alasan kami tidak membantu DLH. Mengenai alat angkut, kami akan bantu untuk dianggarkan agar tak ada lagi keluhan masyarakat mengenai sampah,” ungkapnya.

Dia juga berharap, masyarakat sadar dengan keberhasilan, minimal tidak membuang sampah di sembarang tempat.

“Mari kita jaga kebersihan Kabupaten Kutai Timur ini bersama-sama. Sebab, jika semua dibebankan kepada DLH, pasti tidak akan tercapai keberhasilan itu. Minimal tidak membuang sampah di sembarang tempat,” imbuhnya.

“Target kita adalah, selain meraih Adipura, juga menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat,” pungkasnya. (adv)



Pos terkait