Ini Dia 5 Cara Marinasi Daging Sapi yang Tepat, Dijamin Daging Akan Empuk dan Semakin Lezat

RITMEE.CO.ID – Sebagian besar pecinta makanan yang ada di penjuru dunia termasuk Indonesia, Daging sapi menjadi salah satu jenis daging yang paling disukai. Pasalnya, banyak cara dan resep yang bisa dilakukan untuk mengolah daging sapi menjadi lebih terasa lezat, salah satunya dengan cara marinasi.

Melakukan marinasi daging sapi ini sebenarnya memiliki banyak manfaat, seperti bisa membuat daging sapi akan menjadi lebih empuk, membantu bumbu menjadi lebih meresap sempurna dan bisa mengurangi produk senyawa saat proses pemanggangan yang mengakibatkan kanker.

Untuk bisa mendapatkan hasil olehan daging yang sempurna, maka diharuskan untuk mengetahui cara marinasi daging sapi yang tepat. berikut ini beberapa cara marinasi daging sapi yang tepat, dijamin daging akan menjadi lebih empuk dan memiliki cita rasa yang lebih lezat. berikut ulasannya.

  1. Menggunakan Bumbu yang Tepat.

Seperti yang diketahui, ada beberapa varian campuran bumbu marinasi yang ada di dunia ini. Salah satunya adalah garam yang paling umum dan hampir ada didalam berbagai cara marinasi daging sapi.

Ketika akan melumuri daging sapi dengan garam, strukstur protein yang ada didalam daging sapi akan membuka celah kecil dan mengeluarkan cairam yang akan meresapkembali ke dalam celah tersebut.

Selain itu, bisa menambahkan bumbu lainnya untuk bisa memberika rasa dan aroma yang lebih enak seperti minyak, lada bubuk, gula, madu, wijen, suas tiram, dan bawang putih.

  1. Sayati dulu Daging agar Bumbu bisa Meresap.

Untuk bisa mendapatkan celah yang cukup luas, maka bisa menyayati daging sapi dengan tipis di bagian daging. Cara ini bisa membuat bumbu menjadi lebih meresap dengan mudah, terutama untuk membuat steak.

Namun untuk membuat daging slice, cara marinasi ini tidak terlalu berlaku. Karena potongan daging yang sudah tipis akan otomatis mudah menyerap bumbu hingga meresap.

  1. Pastikan Bumbu Meresap Sempurna pada Daging.

Untuk ukuran daging 1 kilogram, maka diperlukan kurang lebih setengah cangkir bumbu marinasi atau bisa lebih banyak. Pastkan setiap bagian daging terkena lumuran bumbu untuk bisa mendapatkan hasil yang sempurna.

Jika bisa membungkus daging yang sudah dimarinasi menggunakan plastik, pastikan bahan plastiknya aman untuk digunakan. Bahan plastik makanan yang terjamin keamanannya adalah plastik zipper dengan began PE atau Polietilena.

  1. Simpan Daging Dalam Lemari Es.

30 menit menjadi waktu yang sempurna untuk meresap marinasi ke dalam daging. Di waktu tersebut, akan menjadi hal yang membahayakan jika membiarkan daging tersebut disimpan di tempat terbuka. Pasalnya, daging akan rentan terkena bakteri.

Untuk mencegah hal tersebut, sebaiknya menyimpan daging dalam lemari es dengan suhu 5 derajat. jangan lupa juga untuk menaruh daging di baki atau piring untuk bisa mencegah bocornya daging yang sudah dibungkus plastik sebelumnya.

  1. Dinginkan dalam Waktu yang Tepat.

Sebenarnya, jarak waktu marinasi daging sapi itu sangat relatif tergantung dari jenis potongan daging yang digunakan.

Tenderloin atau sirloin merupakan jenis potongan daging yang sudah memiliki tekstur empuk dari aslinya, jadi hanya membutuhkan waktu 30 menit saja. Ada juga jenis potongan yang keras, yang membutuhkan waktu yang cukup lama hingga 3 jam bahkan hingga 24 jam.

Jangan biarkan terlalu lama juga, karena tekstur daging akan berpotensi menjadi lebih lembek dan malah rusak. (*/dirman)