Luwu Utara Wakili Sulsel di Pekan Sagu Nusantara 2020

  • Whatsapp
60

LUTRA – Sebuah kehormatan bagi Kabupaten Luwu Utara. Pasalnya pada penyelenggaraan event Pekan Sagu Nusantara 2020, Kabupaten Luwu Utara menjadi salah satu peserta Pekan Sagu Nusantara yang acara puncaknya dilaksanakan secara virtual pada 20 Oktober 2020 mendatang. Provinsi Sulawesi Selatan menunjuk Luwu Utara sebagai salah satu peserta Pekan Sagu Nusantara dari 14 daerah kabupaten/kota di Indonesia.

Selain Luwu Utara, ada 13 daerah yang ikut ambil bagian, yaitu Kabupaten Mappi (Papua), Kabupaten Jayapura (Papua), Kabupaten Teluk Bintuni (Papua Barat), Kabupaten Sorong Selatan (Papua Barat), Kabupaten Kaimana (Papua Barat), Kabupaten Konawe, Kabupaten Kepulauan Sangihe, Kabupaten Tapin, Kabupaten Barito Kuala, Kabupaten Kepulauan Meranti, Kabupaten Kepulauan Mentawai (Sumbar), dan Kabupaten Lingga (Kepri).

Bacaan Lainnya

Dalam rapat persiapan yang dilaksanakan Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Luwu Utara baru-baru ini, disepakati bahwa Luwu Utara akan menampilkan tiga kuliner berbahan dasar sagu yang akan ditampilkan dalam PSN mendatang. Ketiga kuliner tersebut adalah mie sagu, kapurung, dan sinole. Lokasi pelaksanaannya di Kelurahan Kappuna Kecamatan Masamba, dekat Sentra Bisnis Masamba, yang juga sebagai tempat UMKM berjualan.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan melalui Sekretarisnya, Yasri, mengatakan bahwa Pekan Sagu Nusantara akan dilaksanakan secara virtual, di mana lokasi utama kegiatan ada di Jakarta, dan lokasi lainnya ada di 14 kabupaten/kota penghasil sagu yang telah ditunjuk oleh pemerintah provinsi masing-masing. “Semua kegiatan dilakukan secara daring, dengan berbagai kegiatan seperti pameran sagu, webinar UMKM sagu, demo masak berbahan sagu (virtual), dan lomba masak berbahan dasar sagu (virtual),” tutur Yasri.

Semua kegiatan tersebut, kata dia, adalah bagian dari Kampanye Sagu untuk Indonesia Maju dan Sagu; Pangan Sehat untuk Indonesia Maju. “Kita berharap semua Perangkat Daerah bisa ikut ambil bagian dalam kegiatan ini, paling tidak ikut memeriahkan karena ini kali pertama Luwu Utara ikut dalam Pekan Sagu Nusangtara,” harap Yasri, seraya menambahkan bahwa PSN ini akan dibuka langsung Presiden Joko Widodo di Jakarta.

Ia menambahkan, untuk memeriahkan PSN, pihaknya juga akan melibatkan para Duta Pangan Luwu Utara 2019, masing-masing Nur Aida Yaumil Achir, Fahriani, dan Nabila Syafira. Duta Pangan ini, kata dia, nantinya akan ambil bagian sebagai komentator pembuatan olahan kuliner berbahan sagu, sekaligus mempromosikan kuliner tersebut kepada seluruh daerah di Indonesia, karena event ini bisa dinikmati live melalui youtube live, ig live dan facebook live. (hms)





Pos terkait