Menteri Parekraf Sandiaga Takjub Pemandangan Kambo

Menteri Parekraf, Sandiaga Salahuddin Uno menyapa ratusan masyarakat di kelurahan Kambo, Rabu (12/10/2022).

PALOPO – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf), Sandiaga Salahuddin Uno tiba di desa wisata Kambo, kecamatan Mungkajang Rabu (12/10/2022). Kedatangannya kali ini untuk melakukan penilaian lomba Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) Tahun 2022. Yang dinilai adalah kelurahan Kambo yang masuk 50 besar nominasi ADWI.

Sandi mengatakan, mengatakan untuk mewujudkan Pariwisata yang baik, tentunya dibutuhkan mitra dalam hal ini, Pemerintah Kota Daerah/Provinsi, maupun pihak swasta, agar setiap program yang ada di Kementerian Pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan.

Bacaan Lainnya

“Ia berharap desa wisata Kambo mampu menginspirasi dan menjadi contoh tempat wisata yang baik dari segi pengelolaan, kebersihan, kenyamanan dan keindahan wisata.

“Kesan saya ini sangat indah, pemandangan yang epik, dan ini dikemas dalam konsep sunrise” katanya.

Ia melihat dan berpendapat bahwa produk-produk ekonomi kreatif, yang ada di desa Wisata Kambo sangat unggul, terlihat dari kwalitas produk itu sendiri pada waktu proses pembuatan produk itu sendiri. Ia juga menambahkan daya tarik suatu wisata juga bisa dikembangkan melalui ecotourism maupun sports tourism, mountain bike yang memang cocok dengan lokasi wisata seperti Desa Wisata Kambo.

Wali Kota Palopo, HM Judas Amir berharap kehadiran mentri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dapat mendorong semangat masyarakat dan pemerintah untuk senantiasa mempromosikan destinasi Desa Wisata Kambo.

“Tentu saya berharap kehadiran mentri ini lebih mendorong lagi perasaaan masyarakat dan pemerintah di kota palopo ini, untuk lebih melakukan lagi sesuatu yang bersifat bisa mendorong juga perasaan orang lain datang ke sini,” kata Wali Kota Palopo, Judas Amir, kepada awak media, Rabu (12/10/22).

Selain destinasi wisata Desa Kambo, Wali Kota Palopo juga berencana menjadikan Kota Palopo sebagai Kota Pariwisata Kesehatan. Alasan itu ia sampaikan karena hampir di seluruh tempat pelayanan kesehatan, pihaknya menyiapkan fasilitas Rest Area.

“Karena Palopo ini adalah kota jasa maka mau tidak mau, itu yang harus kita ciptakan. Alhamdulillah di kota palopo ini kita sudah sampaikan ke tim penilai, bahwa di Palopo ini kita sudah canangkan Kota Pariwisata Kesehatan, karena hampir di seluruh tempat pelayanan kesehatan, itu sudah kita siapkan Rest Area,” ungap Judas.

Ia juga menargetkan sebuah lokasi wisata baru bisa sesegera mungkin diadakan di wilayah perbukitan kawasan Kota Palopo yang terletak di Kelurahan Peta, Kecamatan Sendana.

“Insya Allah ada waktu yang tidak lama lagi dalam waktu ini, kita akan kembangkan di Kelurahan Peta ini objek wisata yang luas di daerah ini seperti lapangan Golf dan tempat wisata lainnya,” jelasnya. (*)











Pos terkait