Prediksi Pengamat : Adnan IYL-Indah Putri jadi Rising Star di Pilgub Sulsel

  • Whatsapp
4

MAKASSAR — Pasca pilkada serentak 2020 di 12 Kabupaten/kota di Sulsel, memunculkan sejumlah nama yang diprediksi akan menjadi rising star atau bintang baru di pilgub mendatang.

Pengamat memprediksi nama Adnan Ichsan Yasin Limpo (IYL) dan Indah Putri Indriani akan menjadi sosok yang mewarnai perhelatan pilgub Sulsel. Keduanya akan menjadi incaran untuk posisi 02 atau wakil gubernur.

Bacaan Lainnya

Dikutip dari tribuntimur.com, pengamat Politik Universitas Hasanuddin Makassar Dr Hasrullah mengatakan, pilkada serentak 2020 berhasil memunculkan nama-nama baru menuju Pilgub Sulsel.

Dr Hasrullah menilai, kaderisasi pemimpin untuk Pilgub Sulsel ke depan berjalan dengan baik. Ia menilai pilkada serentak 2020 adalah pemanasan menuju kontestasi Pilgub Sulsel.

“Jadi ini sebuah warm up. Kemunculan tokoh-tokoh baru untuk Pilgub Sulsel menunjukkan adanya kaderisasi pemimpin yang baik,” katanya.
Hasrullah mencontohkan seperti, Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan.

Kemenangan sebesar 91 persen versi hitung cepat menunjukkan putra mendiang Ichsan Yasin Limpo itu punya basis massa yang kuat.
Adnan mampu merangkul 10 partai politik pemilik kursi parlemen di Kabupaten Gowa. 9 partai politik sebagai pengusung, serta Gerindra pendukung.

Menurutnya, Adnan kini punya daya tarik yang kuat untuk kontestasi Pilgub Sulsel ke depan. “Semua partai mengusung Adnan di Gowa. Dia dilamar dan melamar partai,” katanya.

“Adnan kategori pemimpin muda. Dia pecahkan rekor menunjukkan negosiasi dan diplomasi, serta modal politik yang baik,” katanya.
Nama selanjutnya, kata Hasrullah, yaitu Bupati petahana Luwu Utara Indah Putri Indriani yang kembali terpilih versi hitung cepat.

Indah sempat mendapat tantangan berat ketika daerahnya dilanda banjir bandang pertengahan 2020 lalu. “Indah bisa saja jadi kuda hitam Pilgub, minimal 02 karena dia sudah matang. Sempat dilanda bencana banjir. Ternyata dia masih idola di Luwu Utara, punya kapasitas sebagai leader,” kata Hasrullah.

“Saya lihat mereka adalah tokoh-tokoh muda yang bisa jadi rising star untuk ikut Pilgub yang akan datang,” katanya. Hasrullah mengatakan, para kepala daerah terpilih itu harus terus membangun komunikasi politik. Baik dengan partai politik, tokoh agama, hingga tokoh masyarakat.

Selain Adnan dan Indah Putri, Bupati Soppeng dua periode, Andi Kaswadi Razak serta Walikota Makassar terpilih , Danny Pomanto juga diprediksi punya kans untuk dilirik di pilgub Sulsel mendatang. (*/adn)

Pos terkait