Sudah Disetor ke Kemendagri, DPRD Palopo Rahasiakan 3 Nama Calon Penjabat Walikota

Wakil Ketua DPRD Palopo Fraksi NasDem, Abd Salam saat melakukan reses di Kecamatan Sendana bersama rekannya di dapil III, Rabu (22/2/2023).

PALOPO — DPRD Kota Palopo telah menyetor 3 nama sebagai calon penjabat walikota Palopo menggantikan HM Judas Amir yang akan habis masa jabatannya pada tanggal 26 September 2023 mendatang.

Nama-nama tersebut diantarkan langsung oleh pimpinan DPRD Palopo ke Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) di Jakarta, pada Selasa (8/8/23).

Bacaan Lainnya

“Tiga nama yang diusulkan sudah ada di meja Kemendagri, diantarkan langsung sekitar pukul 11 siang tadi,” kata Wakil Ketua DPRD Palopo Abdul Salam kepada media.

Abdul Salam memastikan nama-nama yang diusulkan sudah sesuai amanat Mendagri yang tertuang dalam suratnya yang telah diterima DPRD Kota Palopo, beberapa waktu lalu.

Ditanya siapa 3 nama yang diusul tersebut, Abdul Salam, meminta maaf, karena tidak ingin menyebutkan.

“Saya minta maaf, baiknya tidak disebutkan. Yang pasti, DPRD Kota Palopo sudah mengusulkan 3 nama yang telah memenuhi syarat sesuai amanat dalam surat Sekjen Mendagri yang kami terima, diantaranya syarat kepangkatan sebagai Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama,” tuturnya.

Kerahasiaan calon nama Pj yang diterima Mendagri menurutnya perlu dijaga agar tidak terjadi polemik politik di Kota Palopo sebelum SK-nya disetujui oleh Presiden Joko Widodo.

“Kita tidak sampaikan secara terbuka, siapa 3 nama tersebut, karena Pj ini bukan hasil dari pemilihan dan dari partai. Pj ini seorang ASN yang ditunjuk Mendagri yang pantas menjaga kemajuan Kota Palopo termasuk menjaga netralitas ASN jelang Pemilu. Kita serahkan sepenuhnya ke Mendagri, yakinlah pilihannya untuk kebaikan Palopo,” jelasnya.

Sebelumnya diberitakan, DPRD) Kota Palopo menggodok nama-nama yang akan diusulkan menjadi Calon Penjabat (Pj) Wali Kota Palopo untuk mengisi kekosongan jabatan pasca berakhirnya masa jabatan Drs HM Judas Amir – Rahmat Masri Bandaso.

Masing-masing fraksi mengusulkan tiga nama pejabat Eselon II A untuk menjadi calon Pj wali kota.

Wakil Ketua DPRD Palopo Abdul Salam SH mengatakan fraksi-fraksi telah menyerahkan nama-nama yang diusulkan pada Rabu (2/8/23).

“Kami telah menerima nama-nama yang diusulkan oleh fraksi, ada 4 fraksi yang sudah masukkan usulan diantaranya, Fraksi NasDem, Fraksi, Demokrat, Fraksi, Gerindra, dan Fraksi PDIP,” kata Abdul Salam, Rabu sore.

Setelah usulan fraksi diterima, nama-nama tersebut akan digodok oleh DPRD Palopo, hingga kemudian mentok tiga nama yang akan dibawa langsung ke Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri).

Adapun nama-nama yang paling banyak diusulkan dari fraksi adalah pejabat Pemda dan pejabat Pemprov Sulsel. Seperti Sekda Palopo Firmanza DP, Sekda Luwu Timur Bahri Suli, dan Kabiro Umum Pemprov Sulsel Andi Ihsan.

Khusus Fraksi NasDem Palopo sendiri mengusulkan Sekda Palopo Firmanza DP, Sekda Luwu Timur Bahri Suli, dan Kabiro Umum Pemprov Sulsel Andi Ihsan.

“Khusus Fraksi NasDem mengusung 3 orang nama, dan nama-nama tersebut sesuai dengan yang dipersyaratkan dari Kementrian Dalam Negeri. Ada beberapa variabel nantinya, seperti pengalaman, golongan dan eselon, dan dia tentu harus mengenal situasi dan kondisi Kota Palopo apalagi ini menjelang Pilkada 2024,” kata Dahri Suli Ketua Fraksi NasDem Palopo.

Fraksi NasDem DPRD Palopo sendiri diisi 4 partai, diantaranya Partai NasDem, PKB, Hanura, dan PAN. Dahri Suli yang merupakan Legislator PKB menjelaskan beberapa nama yang diusulkan semuanya berdasarkan yang dipersyaratkan dari Kemendagri.

Sementara, Fraksi Demokrat juga mengusulkan tiga nama yakni, Sekda Palopo Firmanza DP, Sekda Lutim Bahri Suli, dan Kabiro Umum Pemprov Sulsel Andi Ihsan.

Kemudian Fraksi Gerindra mengusulkan Mantan Kepala BPKAD Palopo Hamzah Jalante, Sekda Lutim Bahri Suli, dan Andi Ihsan.

Sedangkan Fraksi PDIP mengusulkan Kepala DPTMPTSP Sulsel Asrul Sani, Kabiro Umum Pemprov Andi Ihsan, dan Kadsidukcapil Sulel, Iqbal Suaeb.

Berikut nama-nama yang diusulkan Fraksi DPRD Palopo untuk Calon Pj Wali Kota:

NasDem : Firmanza DP, Bahri Suli, Andi Ikhsan

Demokrat : Firmanza DP, Bahri Suli, Andi Iksan

Gerindra : Hamzah Jalante, Bahri Suli, Andi Ikhsan

PDIP : Asrul Sani, Andi Iksan, Ikbal Suaeb. (*)































Pos terkait